Wisata Jabar

Kembangkan Wisata Galunggung, Pemkab Tasikmalaya Bikin Trek Offroad



Trek Offroad Gunung Galunggung

Dengan bentang alam pegunungan dan perbukitan, Kabupaten Tasikmalaya menyimpan potensi destinasi wisata petualangan. Dan kini, Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu tempat tujuan wisata offroad. Komunitas-komunitas offroad banyak bermunculan di Tasikmalaya.

Mereka memanfaatkan akses jalur perbukitan di beberapa kawasan di Tasik sebagai tempat petualangan para penggemar wisata uji adrenalin tersebut. Tak heran bila para offroader dari luar kota pun banyak yang penasaran menjajal trek-trek offroad di Tasik.

Untuk memfasilitasi potenasi wisata tersebut, Pemkab Tasikmalaya kini mengembangkan wisata adventure tersebut. Wahana trek trail yang berlokasi di kaki gunung Galunggung tersebut resmi dibuka oleh Bupati Kab. Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum pada Sabtu (28/7/2018).

Pembukaan trek trail ini merupakan bagian dari rangakain kemeriaahan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-386 yang bakal diperingati pada 21 Agustus 2018 mendatang.

Hadirnya trek sepanjang hampir 10 kilometer ini diharapkan dapat menjadi daya tarik baru wisata Kab. Tasikmalaya dan berdampak ekonomi bagi masyarakat. Menurut Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tasikmalaya, Safari Agustin, lintasan trail ini baru dibuka tiga jalur. Dan direncanakan nantinya bakal ada 20 trek trail adventure yang ada di kawasan Galunggung dan sekitarnya. Ditargetkan, bisa selesai dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun.

Selain itu, akan ada penambahan fasilitas di sekitar kawasan wisata Gunung Galunggung. Beberapa di antaranya bakal ada bungalow-bungalow, masjid, waterboom, serta restoran unik yang menggunakan bekas pesawat Boeing 747. Restoran pesawat ini berkapasitas 300an pengunjung. Untuk merealisasikan pembenahan di kawasan wisata ini, pihak Pemkab Tasikmalaya akan bekerja sama dengan pihak Perhutani.

Dan untuk lebih mempromosikan potenasi wisata Gunung Galunggung, pihak Pemkab Tasikmalaya akan mengundang ratusan traveller se-Indonesia yang siap datang ke Kab. Tasikmalaya rencananya pada Oktober 2018 nanti.


share to whatsapp