Puncak Sawiyah, Pesona Keindahan Wisata Alam Majalengka

Untuk urusan destinasi wisata alam, Majalengka diproyeksikan ke depannya akan jadi salah satu daerah unggulan di Jawa Barat. Hanya sayangnya, kehadiran Bandara BIJB di Kertajati belum dibarengi dengan digenjotnya tempat-tempat wisata di beberapa titik di Majalengka. Begitu pula dengan akses dan informasi tempat-tempat wisata tersebut belum digarap optimal.

Padahal, kehadiran bandara di Kertajati tersebut bisa beriringan dengan dipromosikannya tempat-tempat wisata kekinian di Majalengka. Hal ini perlu mendapatkan perhatian serius dari pihak Pemda setempat juga pihak-pihak lain di antaranya masyarakat setempat juga investor bidang wisata. Branding Majalengka sebagai destinasi unggulan di Jawa Barat seharusnya mulai dioptimalkan dari sekarang.

Spot wisata instagramable
Seperti nama Puncak Sawiyah yang kehadirannya mulai terangkat di media sosial. Kawasan perbukitan di blok pertanian yang berbatasan langsung dengan hutan lindung kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ini jadi tempat wisata yang instagramable dan mengundang para penyuka fotografi. Berada di ketinggian kurang lebih 1.300 meter di atas permukaan laut, lanskap pemandangan terasering tempat para petani bercocok tanam jadi magnet tersendiri. Tempat ini pun jadi trek favorit para penggemar sepeda gunung.

Puncak Sawiyah sendiri berada di ketinggian 1.700 Mdpl dan masuk ke dalam kawasan kaki Gunung Ceremai Lokasi Puncak Sawiyah yang lagi ngehits ini berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Areanya masih satu jalur dengan Panyaweuyan. Setelah sampai di Panyaweuyan tinggal lurus saja ke arah Kec. Banjaran. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana tenang dengan suara alam yang menyenangkan. Ditambah rimbun pohon pinus siap meneduhi pengunjung dari sinar matahari.

Untuk fasilitas yang tersedia di sini bisa dikatakan lumayan dengan sudah adanya toilet, musala, tempat duduk, spot foto, tempat parkir dan warung-warung yang menjajakan makanan. Sementara untuk tiket masuk Puncak Sawiyah, pengunjung dikenakan tiket Rp7.000 per orang (harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu).

Tak kalah menarik, tidak jauh dari blok Sawiyah terdapat Curug Cigenclang atau curug Remis. Curug tersebut juga memiliki daya tarik, karena dari puncaknya bisa melihat lokasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati.

Jarak menuju Puncak Sawiyah dari pusat kota Majalengka kurang lebih 25 KM yang bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Tidak ada transportasi umu menuju Puncak Sawiyah, hanya bisa diakses menggunakan kendaran pribadi/kendaran carter bak terbuka.

Rute ke Puncak Sawiyah Majalengka
Anda penasaran ingin menjajal mengunjungi Puncak Sawiyah? Berikut ini rute ke Puncak Sawiyah:
1. Melalu rute Jalan Maja-Talaga – Belok kiri setelah SPBU Tegalsari- Desa Sukasari – Desa Sagara – Desa Tejamulya – Desa Cibunut (pertigaan belok kanan menuju Sangiang) – Blok Pasir Bitung (pertigaan belok kiri) – Blok Sawiyah (belok kiri jalan ada plang puncak sawiyah, dari jalan menuju Puncak Sawiyah sekitar +- 1700 meter).

2. Melalu rute Jalan Maja-Talaga – Desa Cihaur- Masuk Gada-gada Situ Sangiang- Situ Sangiang (lepas situ sangiang ada pertigaan lurus terus – Blok Pasir Bitung (pertigaan belok kiri) – Blok Sawiyah (belok kiri jalan ada plang puncak sawiyah, dari jalan menuju Puncak Sawiyah sekitar +- 1700 meter).