Wisata Jabar

Bukit Pasir Jaka, Pesona Wisata Instagramable di Subang



Bukit Pasir Jaka Cisalak Subang

Potensi destinasi wisata Kab. Subang sedikit demi sedikit menggeliat dan tampil ke permukaan. Seperti pada pertengahan 2018 ini, nama Bukit Pasir Jaka di Kampung Panyeredan, Desa Cimanggu, Kec. Cisalak, Subang ramai di media sosial. Keindahan pemandangan alam di atas perbukitan menjadi daya jual tempat wisata baru di Subang ini. Bila dibandingkan, mirip dengan Tebing Keraton di Bandung.

Sajian pemandangan alam nan luar biasa menjadi magnet para pelancong, terutama kaum muda, untuk menyambangi tempat ini. Banyak dari mereka yang sengaja camping demi menikmati hadirnya sunrise di pagi hari plus lautan awan yang menyelimuti kawasan ini.

Untuk rute ke Bukit Pasir Jaka bisa melalui dari Tugu Nanas Jalan Cagak ke arah timur. Kemudian sekira 50 meter setelah kantor Desa Cimanggu ke kanan menuju Panyeredan (sekita 1 jam perjalanan). Di Masjid Panyeredan, pengunjung bisa memarkirkan kendaran lalu berjalan kaki sekira 1 Km dengan kontur jalan terus menanjak.

Di kawasan Bukit Pasir Jaka terdapat air terjun bernama curug Paok. Dari Pasir Jaka pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mencapainya. Hadirnya kawasan wisata Bukit Pasir Jaka tak lepas dari upaya para mahasiswa yang mengikuti KKNM Universitas Subang Kelompok 14 Wilayah Kerja Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak Kab. Subang yang sebelumnya melakukan eksplorasi kawasan wisata ini pada pertengahan 2017 lalu.

Rupayanya upaya para mahasiswa tersebut mendapat dukungan dari masyarakat setempat dengan melakukan kegiatan gotong royong. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan dengan Karang Taruna setempat bukan saja membenahi tempat wisata perbukitan ini namun juga membenahi akses menuju lokasi agar lebih nyaman. Diharapkan, dengan hadirnya tempat wisata ini akan lebih mengangkat potensi wisata Subang juga menaikkan taraf ekonomi masyarakat. Dan tentunya ditunggu partisipasi pihak terkait untuk lebih mengembangkan sarana dan prasarana di kawasan wisata alam yang sangat potensial ini.


share to whatsapp