Wisata Jabar

Bukit 1000 Bintang Pesona Keindahan Wisata Alam di Kuningan



Bukit 1000 Bintang Kuningan

Nama tempat wisata alam Bukit 1.000 Bintang kini kian ngehits di media sosial. Tempat Ekowisata Taman Nasional Gunung Ciremai ini berada di Desa Batuluhur, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Sajian pemandangan yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata Kuningan ini. Dari atas ketinggian sekitar 1000 mdpl, wisatawan bisa menyaksikan gagahnya Gunung Ciremai, dan bukit-bukit yang berbaris di depanya. Begitu pula pemandangan hamparan kota Cirebon dan lautnya pun bisa dinikmati dari Bukit 1000 Bintang ini. Bukit 1000 Bintang satu-satunya wisata yang mengusung konsep ekowisata dan eduwisata di seputaran Ciayumajakuning.

Pesona keindahan pemandangan malam hari
Sementara saat malam hari, bintang-bintang akan terlihat sangat indah dan bila suka memotret, inilah momen yang tepat untuk mengabadikan milky way di langit. Inilah mengapa dinamakan Bukit 1000 Bintang, kita bisa melihat bintang-bintang yang bertaburan di langit. Jangan ketinggalan pula untuk memotret keindahan citylight dengan lampu-lampu di bawahnya yang berpendar menghiasi malam. Tempat wisata ini pun pernah masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 lalu.

Objek wisata itu dulunya merupakan bekas lahan Perhutani yang sudah tidak terpakai lagi. Karena tak terurus dan lahannya yang mayoritas rumput, setiap tahun terjadi kebakaran. Komunitas warga setempat kemudian berupaya memberdayakan potensi alam yang luar biasa itu agar bisa bermanfaat. Hingga akhirnya, mereka mencoba menembus jalan yang terjal dan melewati hutan demi menggali potensi Bukit 1000 Bintang.

Bukit 1000 bintang pun merupakan tempat tumbuhnya bunga abadi Edelweis. Bunga tersebut hanya dapat ditemui pada ketinggian 2000 mdpl. Namun, untuk melihatnya, kita harus berjalan kaki selama 30 menit untuk mencapai ketinggian tempat bunga bernama latin Anaphalis Javanica itu berada.  Bila wisatawan yang ingin camping menggunakan tenda, atau penginapan di sini sudah disediakan. Ada beberapa penginapan yang dibangun oleh pengelola wisata.

Untuk mencari makanan, di sini pun ada warung-warung bagi mereka yang tidak ingin susah-susah masak sendiri untuk sekadar makan atau pun minum-minuman hangat. Fasilitas lainnya pun dilengkapi dengan adanya toilet umum.

Tiket Bukit 1000 Bintang
Harga tiket masuk tempat wisata ini Rp50.000 untuk anak TK-SMP, dan Rp75.000 untuk SMA dan Mahasiswa. Sedangkan untuk umum dikenakan biaya Rp100.000.Harga tiket yang lumayan tersebut karena untuk menuju lokasi hanya bisa menggunakan kendaraan offroad atau 4WD. Dan disarankan eservasi dulu sehari sebelumnya di bawah (titik kumpul di Rock Garden Batu Luhur).

Salah satu program yang bisa diikuti oleh pengunjung di Bukit 1000 Bintang adalah Camp Fire Care yakni konsep kegiatan wisata alam yang secara langsung dapat mudah tersampaikan kepada masyarakat melalui pengamatan satwa, patroli bersama polisi hutan, games edukatif tentang alam, pembuatan sekat bakar, pengenalan teknik-teknik dasar pemadaman api di hutan, serta sharing season ketika acara api unggun dimalam hari.

BUKIT 1000 BINTANG
Desa Batuluhur, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan
Kontak: 0852-2220-4161

Instagram: @bukit_1000_bintang
Facebook: /bukit1000bintang

Jam operasional: setiap hari 24 jam