Wisata Jabar

Tonjong Canyon Potensi Wisata Tersembunyi di Kabupaten Tasikmalaya





Wisata keindahan ngarai atau canyon memang jadi potensi tersendiri untuk menarik kunjungan para pelancong. Beruntunglah daerah yang memiliki potensi wisata keindahan jenis ini. Salah satu lokasi di Priangan Timur yang sudah merasakan efek dari potensi wisata ini adalah Cukang Taneuh atau Green Canyon Pangandaran. Lokasi wisata ini biasa jadi buruan para wisatawan saat musim liburan seperti akhir tahun, liburan sekolah, atau libur Lebaran.

Dan kini tempat serupa juga dimiliki oleh Kab. Tasikmalaya, namanya Tonjong Canyon. Wisata alam ini berlokasi di Kp. Tanjungsari Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kab. Tasikmalaya. Untuk menuju lokasi dibutuhkan waktu sekitar 2 - 3 jam dari Tasikmalaya Kota atau jarak tempuh sekitar 83 km. Sayangnya, untuk akses ke lokasi dan di tempat wisata belum digarap secara optimal. Dan untuk mencapai lokasi wisata ini disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Berikut ini rute ke Tonjong Canyon:
Tasikmalaya Kota - Jln. Raya Karangnunggal - pertigaan Karang - Pamijahan - ke kiri menuju Jl. Raya Cipatujah - pertigaan belok kanan - Cintabodas / Culamega - ada TK Nurul Insan belok kiri -  ada jalan menyempit hanya cukup untuk kendaraan roda dua - titip motor di perumahan warga -  berjalan kaki ke Tonjong Canyon (perjalanan sekitar 500 meter).

Di dasarnya, ada aliran Sungai Tonjong berwarna kehijauan yang mengalir tenang sejauh 60 meter. Untuk dapat menuju ke bawah, Anda harus menuruni ngarai. Hati-hati, sebab tanpa diguyur hujan pun kontur ngarai yang menurun ini terbilang cukup licin.

Mengingat pengunjung hanya bisa membawa kendaraan sampai gerbang utama dan meneruskan perjalanan dengan hiking sejauh 500 meter, tentunya Anda membutuhkan minuman atau makanan bila merasa letih. Sebagai informasi tambahan, biaya masuk ke tempat ini berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.


INFO TERKAIT LAINNYA: