Wisata Jabar

Serunya Bermain Air di Alam Terbuka di Tanjung Golok Ciamis





Tulisan "Tonjong Golok" dengan huruf warna-warni tersemat di salah satu batu besar yang ada di aliran air sungai. Tanjung Golok merupakan destinasi wisata yang akhir-akhir ini mulai ngehits di kalangan wisatawan. Selain bisa menikmati sensasi petualangan di alam terbuka, wisatawan bisa berenang di aliran air dengan menggunakan balon renang berbentuk angsa di bawah aliran air terjun yang tidak terlalu tinggi. Wisatawan pun bisa bermain air di batu-batu. Kini, tempat ini pun jadi spot selfie favorit dengan latar batu-batu yang dicat warna-warni.

Wisata keindahan alam ini dirintis sejak awal tahun 2018 oleh warga yang bekerja sama dengan pihak Perhutani.  Destinasi wisata Tonjong Golok ini menyuguhkan wisata air terjun, pemandangan alam dan hutan yang rindang, lokasi bumi perkemahan serta banyak bebatuan besar indah yang cocok dijadikan spot berfoto selfie.

Destinasi wisata alam “Tonjong Golok”  berlokasi di Dusun Batukurung, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tempat wisata ini baru dibuka beberapa bulan lalu dan sudah mulai dikenal dan didatangi wisatawan yang ingin berenang dan hunting swafoto.

Destinasi wisata Tonjong Golok ini berada di kawasan Perum Perhutani dengan luas mencapai lebih dari tiga hektare. Di area tersebut terdapat lokasi khusus yakni Cadas Genteng, Batu Tarung dan Leuwi Baluneng.

Cadas Genteng sendiri merupakan sebuah hamparan tebing batu menjulang di sepanjang pinggiran Sungai Cibatukurung. Kemudian batu tarung, merupakan bongkahan batu berhadapan layaknya makhluk yang akan bertarung. Sedangkan leuwi baluneng, menjadi pusat berenang dengan kedalaman 2 hingga 5 meter atau untuk anak-anak dan dewasa.


INFO TERKAIT LAINNYA: