Inilah 10 Event Wisata Wonderful Indonesia Tahun 2018



Di antara ratusan agenda wisata yang akan digelar di berbagai daerah di Indonesia, Kementerian pariwisata pun sudah menyiapkan 10 agenda wisata unggulan tahun 2018. Berikut ini 10 national event tahun 2018 yang disiapkan Kemenpar RI:

1. Java Jazz
Sejumlah musikus kawakan, baik nasional maupun internasional, diundang ke perayaan yang digelar di Jakarta International Convention Center, Kemayoran, Jakarta Pusat. Penyelenggaraannya pada pekan pertama Maret selama tiga hari, tepatnya 2-4 Maret 2018.

2. Pesta Kesenian Bali
Event yang bakal digelar dari 16 Juni sampai 14 Juli 2018 ini, merupakan pergelaran kesenian tertua yang pernah diselenggarakan di Pulau Dewata. Pesta kesenian Bali digelar selama sebulan dan melibatkan ribuan seniman dari seluruh penjuru Bali. Bahkan, ada beberapa pentas yang dikompetisikan, baik tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten.

3. Jember Fashion Carnaval
Inilah Festival fashion terbesar di Nusantara ini menampilkan karnaval sepanjang lebih dari 3 kilometer. Ajang ini bakal digelar pada 7-12 Agustus 2018 di tengah kota. Karnaval ini menampilkan beragam busana batik yang digubah dengan beragam mode. Acara ini berlangsung selama empat hari berturut-turut dan dikelompokkan berdasarkan kategori anak, adat, pameran, dan konvensi fashion.

4. Iron Man 70.3 Bintan
Acara ini adalah pesta olahraga bertajuk triathlon. Peserta diajak untuk berlari, berenang, dan bersepeda sambil menjelajahi keindahan Pulau Bintan. Iron Man 70.3 Bintan digelar pada 19 Agustus 2018, diikuti oleh atlet dari Indonesia dan luar negeri.

5. Festival Payung Indonesia
Festival payung yang digelar di Jawa Tengah menampilkan hasil karya para perajin di desa wisata di daerah tersebut. Payung dilukis dan dikreasikan menjadi bentuk yang indah dan berwarna-warni. Payung yang ditampilkan adalah payung dari beberapa negara seperti Thailand, Jepang, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Cina. Tak cuma payung, beragam kesenian seperti rajutan, lukisan, dan kerajinan lain dipajang di tempat bazar. Festival Payung Indonesia digelar pada 20 Agustus sampai 8 September 2018.

6. Sanur Village Festival
Seorang tokoh adat melakukan persembahyangan sebelum dimulainya lomba balap perahu jukung dalam rangka Sanur Village Festival 2017 di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, 9 Agustus 2017. Johannes P. Christo Festival ini sudah sebelas kali digelar. Sanur Village Festival adalah festival desa berkelas dunia dan mengangkat the new spirit of heritage. Festival ini digelar pada 24-28 Agustus 2018.

7. Karnaval Kemerdekaan
Acara tahunan ini biasa digelar secara bergilir di kota atau destinasi terpilih. Misalnya Pontianak, Sumatera Barat, dan Bandung. Parade yang digelar 25 Agustus 2018ini bakal memamerkan kekayaan budaya visual dan busana Nusantara untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

8. Grand Karnaval Indonesia
Grand Karnaval Indonesia untuk pertama kali bakal digelar pada 27 Agustus 2018 guna memeriahkan Asian Games 2018. Indonesia menjadi tuan rumah pada perhelatan olahraga terbesar se-Asia itu. Grand Karnaval Indonesia akan berlangsung di Jakarta yang menjad salah satu kota tempat lomba Asian Games. Beragam pentas seni bakal digelar dalam karnaval tersebut.

9. Banyuwangi Ethno Carnival
Karnaval ini menyajikan busana etnik Nusantara. Pergelarannya diadakan di Sunrise of Java pada 10 November 2018. Selain pertunjukan busana etnik, ada juga pentas tari Nusantara dan pentas budaya lainnya.

10. Borobudur Marathon
Agenda wisata 2018 unggulan Kementerian Pariwisata yang terakhir yaitu Borobudur Marathon. Penyuka olahraga lari, baik atlet maupun awam, diajak menikmati keindahan Borobudur dengan cara melintasi desa wisata di Jawa Tengah itu dengan lari maraton. Jalur yang disajikan tidak linear, tapi sirkular. Borobudur Marathon digelar pada 18 November 2018.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS