Rute Alternatif ke Pantai Santolo dan Pangandaran Lewat Pangalengan dan Ciwidey

Saat libur Lebaran atau libur sekolahan, kawasan wisata pantai biasa jadi pilihan utama wisatawan. Nama Pantai Santolo, Rancabuaya, Sayang Heulang, atau Pangandaran di selatan Jawa Barat menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan lokal. Sayangnya, tak sedikit wisatawan yang memilih jalur biasa yakni via Bandung - Nagreg - Garut - Samarang - Pantai Santolo. Memang ada kelebihan dan kekurangannya. Namun, bila Anda tak ingin habis waktu dan tenaga untuk perjalanan, mending pilih jalur alternatif.

Begitu pula yang ke Pantai Pangandaran biasa lewat jalur Bandung - Nagreg - Tasikmalaya - Ciamis - Pangandaran. Padahal, beberapa ruas jalan yang dilewati selama perjalanan biasanya mengalami macet, seperti di Nagreg atau Malangbong. Apalagi saat musim libur Lebaran. Di sepanjang perjalanan memang ramai dibanding dengan ke jalur alternatif. Sedangkan di jalur alternatif, Anda bisa lebih fokus bahwa Anda ingin cepat sampai ke lokasi tempat wisata tanpa harus buang-buang waktu terjebak macet.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pantai Santolo atau Pangandaran, sebetulnya ada jalur alternatif via Bandung Selatan. Untuk jalannya sendiri terbilang mulus dan tidak banyak gangguan, terutama kemacetan. Namun memang jalannya naik turun dan banyak yang sempit. Bagi yang bawa rombongan pakai bus tidak bisa, ini hanya yang bawa kendaraan pribadi atau touring dengan kendaraan roda dua.

Disarankan berangkat pagi-pagi sekali karena malam hari sangat riskan, salah satunya kurangnya penerangan. Selain itu, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi laik jalan. Jangan lupa juga bawa perbekalan makanan, obat-obatan pribadi, sampai ban serep.

1. Lewat Pangalengan
Dari keluar tol Buah Batu jalur Bojongsoang-Baleendah-Banjaran-Pangalengan. Atau keluar tol Moh. Toha - Dayeuhkolot - Banjaran - Cimaung - Pangalengan atau keluar tol Kopo - Soreang - Banjaran - Pangalengan. Di pertigaan ujung Jalan Raya Bandung-Pangalengan ambil ke kanan menuju arah danau wisata Situ Cileunca. Dari Cileunca, Anda tinggal mengikuti jalur jalan utama yang mulus melintasi perkebunan teh Cukul.

Setibanya di pertigaan Cukul - Talegong, ambil ke kanan mengikuti jalur baru Talegong - Cisewu - Sukarame - Rancabuaya. Sekitar 5 km sebelum Rancabuaya, Anda sudah bisa melihat pemandangan pantai dan biru laut di kejauhan. Total jarak Bandung - Rancabuaya sekitar 115 km.

2. Rute Pantai Pangandaran dari Rancabuaya
Keluar dari gerbang Pantai Rancabuaya ke kanan menuju arah Pameungpeuk - dekat sebuah jembatan, belok kanan menuju arah perkebunan karet Miramareu (Sancang) - ikuti jalur jalan menuju Pantai Cipatujah, Pamayang Sari - kawasan Cikalong - Legok Jawa - Batu Karas - Parigi - Pananjung - Pangandaran.

3. Lewat Ciwidey
Keluar tol Kopo - Margahayu -  Soreang  - kawasan wisata Ciwidey-Rancabali - Situ Patenggang - ambil rute ke perkebunan teh Cibuni (jalur ke kiri)  - arah Bale Gede - Sukabakti - Naringgul - Cidaun/Jayanti - berujung di pertigaan Cidaun
1. Jalur ke kiri/timur menuju Pantai Jayanti (5 km), Rancabuaya (26 km), Pameungpeuk 57 km)
2. Jalur ke kanan menuju Sindangbarang (26 km), Argabinta, Tegalbuleud, Surade Sukabumi.
3. Sekitar 130 km di barat Cidaun adalah Pantai Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi.

Perjalanan sepanjang jalur alternatif via Ciwidey - Cianjur Selatan ini menyajikan pemandangan yang wow sekali. Keindahan alam bisa Anda nikmati dari pemandangan hampaan perkebunan teh, hutan nan asri hingga lansekap nan indah dengan sajian aneka curug (air terjun) sepanjang perjalanan seperti yang ada di Desa Sukabakti. Kali-kali Anda bisa istirahat sejenak di warung-warung atau salat di masjid-masjid yang ada di permukiman penduduk. Dijamin, rasa lelah Anda selama perjalanan akan terbayar lunas. Selain itu, siapkan pula kamera untuk mengabadikan keindahan alam yang Anda lewati tersebut.