Wisata Jabar

Curug Cigorobog, Wisata Air Terjun Kekinian di Citengah, Sumedang




Untuk urusan wisata, Kabupaten Sumedang menyimpan banyak potensi alam yang bisa dieksplore oleh para wisatawan dari luar daerah. Salah satu destinasi wisata alam yang sedang ngehits di medsos adala Curug Cigorobog. Wisata air terjun ini berada di Citengah, Sumedang Selatan. Untuk aksesnya, dari Alun-alun Sumedang ke Citengah dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar sejam perjalanan.

Citengah merupakan desa yang berada paling ujung di Kecamatan Sumedang Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Garut. Bagi pengguna kendaraan bermotor bisa melalui jalur Jalan Cisoka, Citengah. Lebih lengkapnya, untuk jalur bisa melalui Alun-alun Sumedang terus ke arah timur melalui jalan R.A. Kartini - Citengah - ke arah pegunungan Margawindu - sebelum memasuki daerah perkebunan teh Margawindu, ada gerbang di sebelah kiri jalan ke lokasi Curug Cigorobog. Dari jalan raya, menyusuri jalan kecil sekitar 500 meter menuju ke lokasi. Di lokasi ini sudah dilengkapi dengan tempat parkir, mushola, dan warung-warung.

Curug ini dikelola oleh Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Curug Cigorobog  Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan yang berada di bawah pembinaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbuparpora) Sumedang. Pengelolaan secara serius curug ini telah dilakukan dari 2011 lalu dengan dana bantuan Pemkab dan pemerintah pusat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Curug Cigorobog sendiri ini memiliki ciri khas beberapa undakan air. Ketinggian aliran curug sekitar 40 meter  dengan tiga buah undakan yang menyajikan pesona alami. Di bagian bawah curug, pengunjung bisa sepuasnya menikmat kesegaran air yang masih alami. Untuk harga tiket Curug Cigorobog terbilang murah, hanya Rp. 3.000 per orang.

Selain Curug Cigorobog, di Citengah pun ada 17 curug lainnya punya potensi untuk destinasi wisata unggulan. Beberapa di antaranya ada Curug Kancana di Blok Dewa RW 03 Dusun Cijolang. Lalu ada Curug Ciparahu, Curug Cimencek Bikang, dan Curug Karaha Bodas, dan curug lainnya yang masih belum ditemukan namanya namun ada aliran air di lokasi tersebut. Semua curug ini berada dalam satu aliran air sungi dengan curug di paling hulu adalah Curug Cinulang.

share to whatsapp