Wisata Jabar

Kemeriahan Pasar Seni Lembur dan Eco Carnival Sumedang




Milangkala Sumedang ke- 439 turut dimeriahkan dengan hadirnya Pasar Seni Lembur Sumedang yang berlangsung pada 25-30 April 2017. Pasar Seni ini mampu menarik perhatian masyarakat Sumedang, karena bukan hanya menawarkan produk dari UMKM tapi juga ada berbagai kegiatan.

Minggu, 30 April 2017 berlangsung Eco Carnival di Alun-alun Sumedang, pada rangkaian akhir ini menampilkan arak-arakan tiap kecamatan yang mempersembahkan kesenian dan kreativitasnya Eco Carnival ini merupakan kegiatan berbasis rakyat dan lingkungan, oleh karena itu diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mencintai lingkungan. Eka Setiawan menegaskan bahwa "masalah lingkungan adalah masalah bersama, oleh karena itu saya meminta pada masyarakat untuk mencintai lingkungan".

Produk hasil pertanian
Kecamatan yang turut memeriahkan kegiatan Eco Carnival ini membawa produk hasil pertanian maupun olahan khasnya, diantaranya kecamatan Jatinunggal yang membawa miniatur ikan, sebagai simbol dari keberadaan bendungan Jatigede, dan ada Kecamatan Jatigede dengan membawa hasil pertanian, semua kecamatan turut memeriahkan Eco Carnival dan Pasar Seni Lembur Sumedang 2017.

Pasar Seni Lembur Sumedang diselengarakan sebagai media untuk berekspresi bagi berbagai komponen masyarakat Sumedang. Berbagai komponen masyarakat Sumedang yang memiliki potensi yang selama ini berserakan dan berjalan sendiri-sendiri harus diberi ruang dan tempat sebagai wadah untuk menampilkan potensinya.

Potensi masyarakat Sumedang
Diharapkan dengan adanya wadah ini bisa mengangkat potensi yang ada di Sumedang dan mensinergikan potensi-potensi tesebut. Berbagai komponen masyarakat Sumedang seperti seniman, budayawan, pengrajin dan UKM serta potensi lainnya bisa bersatu dan bersinergi dalam wadah disediakan. Hal ini memunculkan media Pasar Seni Lembur Sumedang.

Event Pasar Seni Lembur Sumedang terdapat berkonsep Lembur Motekar yang menampilkan produk-produk hasil ekonomi kreatif seperti craft/kerajinan dan keahlian unik yang berada di Sumedang; Lembur Kuliner yang diisi oleh para UKM di bidang makanan dengan tambahan adanya diorama pembuatan tahu dan musium tahu. (Anita)