Wisata Jabar

Menteri Pariwisata Buka Festival Pesona Jatigede 2017



Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Festival Pesona Jatigede 2017 Sumedang didampingi oleh Bupati Sumedang, Eka Setiawan dan jajarannya pada Sabtu (15/4/2017).  Kegiatan ini merupakan pameran ekonomi kreatif, trail adventure, pagelaran seni budaya Sunda, lomba fotografi pesona Jatigede, penanaman 10.000 pohon, dan penebaran benih ikan. Peserta Trail Adventure berasal dari komunitas pecinta motor trail seluruh Indonesia, dengan target peserta diharapkan dapat mencapai 2.000 orang.

Untuk lebih mempromosikan destinasi wisata baru di Sumedang tersebut, pada pada Sabtu dan Minggu, 15-16 April 2017 digelar event Festival Pesona Jatigede. Kegiatan yang diselenggarakan di area Tanjung Duriat, Waduk Jatigede Sumedang ini akan menyajikan pameran dan bazar; pagelaran seni budaya Sunda; 1 day trail adventure pada 15 April 2017; serta penanaman pohon dan penebaran benih ikan.

Sedangkan untuk hiburan, event ini menghadirkan Rossa, penyanyi nasional asal Sumedang. Juga bakal diramaikan dengan persembahan Sakata Band, Wox Matta Band, Batras Band, La Swara Band, Lises STKIP Unsap Sumedang, seni kuda renggong, seni tari gending karesmen Ujang Bejo, dan kesenian Tarawangsa.

Panitia penyelenggara menargetkan, pameran ekonomi kreatif dapat menjaring 10.000 pengunjung dalam dua hari pelaksanaannya. Sedangkan untuk peserta Trail Adventure akan berasal dari komunitas pecinta motor trail seluruh Indonesia, diharapkan dapat mencapai 2.000 orang.

Esthy mengatakan, dukungan Kemenpar pada event ini antara lain, pembuatan media promosi (baliho, umbul-umbul), penyediaan snack dan mealbox peserta serta pembuatan panggung rigging. Selain itu, Kemenpar juga akan menghadirkan penyanyi nasional, menyediakan sound dan genset serta membuat T-shirt dan topi untuk undangan VVIP, para peserta dan panitia.

Waduk Jatigede memiliki fungsi antara lain: untuk perairan di Kabupaten Sumedang dan sekitarnya; Sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) sebesar 110 Megawatt; pengendalian banjir seluas 14 ribu hektare;  sebagai tempat wisata di Kabupaten Sumedang. Sebagai salah satu destinasi wisata Sumedang, di area Waduk Jatigede mulai bergeliat beberapa objek wisata, salah satunya Tanjung Duriat.

Pemerintah sudah membuat zona pengembangan wisata Waduk Jatigede melalui badan otoritas khusus.

“Akan ada beberapa destinasi wisata yang dibangun. Misalnya lapangan golf, off road, hotel dan resto kuliner ikan, zona pemancingan ikan, waterboom, termasuk Museum Jatigede. Bahkan di tengah genangan terdapat pulau kecil bernama Pulau Surian yang akan dipakai penginapan dan restoran bakar ikan,” ungkap Menpar Arief Yahya.