Wisata Jabar

Sinopsis Sinetron "Kampung Kendang" MNCTV




Hiburan layar kaca bisa menjadi media promosi pariwisata yang cukup efektif. Misalnya dulu dalam sinetron komedi "Preman Pensiun" wajah wisata Kota Bandung bisa lebih terangkat pamornya. Lokasi wisata seperti kawasna Jln. Braga, Gedung Merdeka/Cikapundung, Saung Angklung Udjo, Puncak Bintang, dan lainnya di Kota Bandung terekam dalam adegan-adegan tokoh Kang Mus dan kawan-kawan.

Kini, sinetron "Kampung Kendang" produksi ANP yang ditayangkan di MNCTV setiap Senin - Jumat pukul 17.00 WIB (sebelumnya pukul 19.00) juga menyajikan latar wisata tersebut. Berbeda dengan "Preman Pensiun", sinetron "Kampung Kendang" mengambil latar di daerah Garut. Keindahan panorama Garut dengan kontur alam perbukitan menjadi daya tarik tersendiri.

Aktivitas keseharian warga yang hasil utamanya dari pertanian menjadi sajian dalam sinetron ini. Selain itu, aneka potensi kuliner juga produk kerajinan rakyat seperti dodol, kerajinan kulit, dan lainnya turun disajikan dalam sinetron yang mulai tayang pada 5 Januari 2017 ini.

Sinopsis sinetron "Kampung Kendang"
Adapun para tokoh yang dihadirkan diisi oleh para aktor dan aktris senior dan pendatang baru. Namun kebanyakan adalah mereka yang biasa berkecimpung dalam dunia komedi, di antaranya ada trio P Project (Daan, Joe, Iang), juga komedian Sunda seperti Ceu Popon dan pemeran si kembar Rohman-Rohim. Pemain lainnya diisi dari eks "Preman Pensiun (Vina Ferina, Sandi Tile, Pangeran Tyson, Resty Wulandari, Abenk Marco, Ridwan Anugrah, dan lain-lain).

Basajan alias sederhana itulah jalan cerita dalam sinetron ini. Bila pada era '80-an pernah ada sinetron "Inohong di Bojongrangkong" inilah tipikal jalannya cerita sinetron komedi  "Kampung Kendang". Secara terpusat ada tema berkutat pada tiga keluarga, yakni Juhana, Arya, dan Darma yang masing-masing diperankan trio P Project: Joe, Daan Aria, dan Iang Darmawan.

Kisah keluarga Kang Juhana, Kang Arya, dan Kang Darma
Kang Juhana (Joe 'P Project') punya karakter koboy kolot dan suka menggoda perempuan. Namun tiap perempuan yang digoda selalu menampik rayuannya. Ia punya istri bernama Ceu Iroh yang super judes dan mengekang suaminya. Anaknya bernama Kevin yang menaruh hati pada anak musuh ayahnya bernama Sabila.

Kang Juhana selalu ambil celah kesempatan untuk menggoda perempuan lain. Kang Juhana punya pekerja di kebun, yakni Aan, Dayat, dan Sobri. Kang Juhana adalah musuh bebuyutan Kang Darma. Kang Juhana punya tiga pekerja di kebun, yakni Aan (Sandi Tile), Dayat (Pangeran Tyson), dan Sobri.

Ada pula kisah keluarga Kang Arya (Daan 'P Project') yang mempunyai istri bernama Ceu Lilis. Kang Arya adalah pedagang pupuk dan punya sopir pengantar pupuk bernama Samid. Kang Darma dan istrinya adalah tipikal keluarga harmonis. Untuk cucian baju keluarga Kang Arya, dibantu oleh tokoh Ceu Popon.

Anak tunggal Kang Arya bernama Ivan, seorang pemuda yang suka ngoprek motor. Ivan tidak bekerja dan tidak pula kuliah. Ivan ingin belajar usaha dan pernah mencoba dagang jaket kulit bersama temannya bernama Ujang. Namun, Ujang adalah tipe teman oportunis dan sangat pemalas.Ivan pun pernah pernah disarankan oleh ayahnya untuk dagang hasil pertanian dan belajar sama Kang Juhana dan Kang Darma. Namun, perseteruan kedua kolot tersebut akhirnya membuat Ivan malas untuk belajar usaha dagang hasil tani.

Keluarga ketiga ada Kang Darma (Iang Darmawan 'P Project'). Musuh bebuyutan Kang Juhana ini punya istri bernama Ceu Empat (Vina M. Ferina). Kang Darma dan Ceu Empat punya dua anak perempuan, Teteh Sabila dan Neng Nabila. Yang satu masih kuliah dan satu lagi masih SMP. Anaknya yang bungsu adalah anak tomboy, senang main di sawah, memancing, main bola, hingga berlatih silat. Nabila punya dua sohib anak laki-laki bernama Aduy dan Adit.

Hobinya anak bungsu Kang Darma dengan anak laki-laki dan inilah yang kerap jadi masalah. Salah satu korban Sabila adalah Odoy, anak buruh tani bernama Ceu Acih. Mang Darma pun punya pekerja di kebun yakni Mang Idin serta si kembar Rohman dan Rohim.

Tokoh dan kisah lainnya
Kebiasaan Kang Juhana, Kang Darma, dan pekerja kebun adalah ngumpul di warung Neng Lina. Inilah tempat bertemunya para warga dan kadang juga tempat sang Hansip Kampung Kendang bernama Sarip numpang minum kopi. Tokoh lainnya ada Pak RT yang hobi dan profesinya memelihara ayam. Juga ada Ratna, wanita cantik pegawai kelurahan yang ditaksir Kang Juhana. Ratna adalah teman Kang Juhana dan Kang Darma waktu SMP.

Adapun kisah percintaan digambarkan oleh sosok Sabila dan Adit yang penuh romantika gaya anak kampus. Keduanya kuliah di Universitas Garut (Uniga). Cinta Kevin terhalang oleh Angga yang mengejar-ngejar Sabila. Namun sahabat Sabila bernama Mela selalu mendorong keduanya untuk jadian. Kevin cemburu karena kedekatan Sabila dengan Angga, sementara Sabila pun sama cemburu pada Kevin yang dekat dengan si gadis berkerudung yang biasa dipanggil. Onyas.

Tokoh lainnya ada trio buruh tani bernama Ceu Een, Ceu Titin, dan Ceu Acih. Kadang ketigan menjadi biang gosip, salah satunya suka melaporkan kelakuan Kang Juhana pada Ceu Iroh. Kang Juhana selalu curi kesempatan untuk mendekati Neng Yeti (Resty Wulandari), si cantik kembang desa yang berprofesi sebagai penyanyi dangdutan organ tunggal.