Wisata Jabar

Opak Beureum Makanan Khas dari Sumedang



Mengunjungi suatu daerah apalagi destinasi wisata tentu belum lengkap rasanya bila tak membawa oleh-oleh khas yang ada di daerah tersebut. Bila Anda mengunjungi Kabupaten Sumedang, berbicara kuliner pasti yang pertama terbayangkan adalah makanan khasnya yakni tahu. Selain memiliki tahu, ternyata Kabupaten Sumedang juga memiliki beberapa makanan khas lain seperti ubi cilembu, oncom pasir reungit, sawo sukatali, opak conggeang, dan opak beureum jatinunggal.

Makanan khas opak conggeang pemasarannya yang sudah pesat. Opak yang memiliki rasa gurih ini bisa Anda temui di beberapa toko oleh-oleh di Sumedang. Berbeda dengan opak conggeang yang memiliki rasa gurih atau asin, opak beureum jatinunggal memiliki rasa manis. Disebut beureum yang berarti 'merah' karena berbahan dasar beras ketan dan gula merah serta memiliki warna kecoklatan.

Bahan dari hasil pertanian setempat
Opak ini berbahan dasar ketan yang dihasilkan dari petani sekitar termasuk gula yang mudah diperoleh. Opak beureum ini diolah dengan cara tradisional, ditumbuk menggunakan "halu", dijemur, kemudian dibakar dengan tungku api di "hawu".

Kecamatan Jatinunggal menjadi penghasil opak beureum. Di kawasan ini ada sekitar sebelas toko yang menyediakan. Salah satu pemasoknya adalah produksi Hj.Arwis yang berada di Dusun Babakan, Desa Kirisik, Kecamatan Jatinunggal. Opak Beureum Hj. Arwis sudah dirintis sejak tahun 2002.

Dengan modal awal hanya Rp100.000, kini Opak Beureum Hj. Arwis sudah mampu menghasilkan dua ratus buah opak atau sepuluh bal setiap hari. Harganya mulai dari Rp25.000 hingga Rp45.000/bal. Selain opak beureum, Hj. Arwis pun memproduksi rangginang, kokolontong, dan opak asin, sesuai pesanan.

Bila Anda berminat ingin memesan opak beureum Hj. Arwis, bisa langdung datang ke Dusun Babakan, Desa Kirisik, Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang. Atau bisa menghubungi di nomor kontak: 0823-1686-4593.