Wisata Jabar

Wisata Kuliner Keluarga di Resto Darmaga Sunda





Konsep rumah makan atau restoran di era sekarang bukan sekadar tempat makan dimana pengunjung datang, pesan menu, menyantap makanan, lalu pulang. Paduan tempat makan sekaligus tempat wisata memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Apalagi tempat makan tersebut berada di jalur perlintasan antarkota yang menuntut para pengguna kendaraan untuk rehat dan mendapatkan sajian lebih dari rumah makan yang disambanginya.

Konsep restoran sekaligus tempat wisata salah satunya bisa Anda jumpai di rumah makan Darmaga Sunda di kawasan Nagreg, jalur Bandung - Garut. Tempat makan ini kini jadi favorit pengunjung yang berkendara ke arah timur atau sebaliknya. Berada di kawasan perbukitan tanjakan Nagreg, rumah makan Darmaga Sunda kerap menjadi tujuan para keluarga yang sedang wisata ke Priangan Timur (Garut, Tasikmalaya, Ciamis).

Perahu pinggir danau
Darmaga Sunda memang mengusung konsep ala dermaga. Ikon di tempat kuliner ini dengan adanya perahu di pinggir danau. Lebih ke dalam, banyak fasilitas yang bisa membuat betah para pengunjungnya untuk berlama-lama di resto ini.

Sementara fasilitas umum lainnya ada toilet, parkir yang luas, tempat ibadah. Fasilitas tambahan yang sudah disediakan oleh pengelola resto yaitu para pengunjung bisa menikmati makanan sambil mendengarkan live music. Di tempat ini pun bikin betah anak-anak dengan adanya fasilitas untuk bermain anak-anak, salah satunya becak mini. Tentunya pula bagi yang senang berfoto-foto ria atau selfie, di sini banyak spot menarik untuk latar jeprat-jepret kamera smartphone, salah satunya di perahu tersebut.

Aneka menu pilihan Darmaga Sunda
Di sekeliling danau juga dibangun puluhan Saung-saung bisa menampung 4 orang atau saung khusus yang dibuat untuk makan keluarga juga saung ukuran besar yang bisa dipakai acara pertemuan. Saat berkunjung ke resto Darmaga Sunda, Anda bisa mencoba menu andan paket Liwet Darmaga. Paket tersebut berupa nasi liwet yang disajikan dengan aneka ikan, ayam kampung, tempe mendoan, perkedel tahu, ikan asin tawes, lalapan, dan sambal khas Sunda. Harganya dibanderol  Rp40.000 per porsi yang bisa dinikmati 3 hingga 5 orang. Menu lain yang disajikan di Darmaga Sunda  ada beberapa menu dessert dan aneka jenis minuman.

Menu andalan lainnya ada gulai kepala kakap kuah merah, sop gurame goreng asam pedas, gulai kambing, sop buntut goreng/kuah, nasi goreng kambing, ayam geprek mercon, nasi bakar Darmaga, gurame baka saus Darmaga. Untuk menu-menu tersebut dibanderol dari Rp30.000 sampai Rp90.000-an.

Sajian lainnya ada aneka olah daging (gepuk, ayam pejanjan goreng, ayam kampung goreng/bakar), aneka soto dan sayur, hidangan tumisan (tumis genjer, kiciwis, jamur, kangkung, capcay), aneka sambal (terasi, kecap, cenghar, jerit, bajak), aneka makanan buat anak, juga aneka pepes (tahu, jamur, peda)

Untuk minuman tersedia aneka jus (mangga, jambu, melon, alpukat, dll), aneka minuman es (teh manis, jeruk, kelapa muda, cingcau, campur, orange squash, dll). Untuk minuman hangat dan panas ada bandrek, bajigur, coklat, jeruk, kopi, lemon tea, dll.

Darmaga Sunda
Jalan Raya Bandung - Garut KM 36, Nagreg, Kab. Bandung
Jam buka: pukul 08.00 - 23.00
Telepon: 0812-1423-4772