Wisata Jabar

Curug Cigentis, Pesona Wisata Alam di Karawang





Bagi yang sedang merencakan liburan atau touring bersama teman-teman, Curug Cigentis bisa menjadi pilihan Anda. Inilah kawasan wanawisata di kawasan Gunung Sanggabuana ini jaraknya sekitar 44 kilometer dari pusat kota Karawang. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 1000 m di atas permukaan laut (dpl). Adapun ketinggian terjunan air 25 meter.

Wisata alam di Karawang ini biasa menjadi destinasi para trailer atau goweser juga para fotografer. Keindahan air terjun dan hutan di sekelilingnya menyajikan pesona alam nan sejuk. Belum lama ini, salah seorang dari tim Wisata Jabar mengunjungi tempat wisata tersebut. Saat sampai di sana, ternyata lumayan ramai oleg pengunjung yang kebanyakan kawula muda. Objek wisata ini pun kini mulai ramai jadi tujuan para netizen untuk mengabadikannya di media sosial.

Rangkaian Air Terjun Gunung Loji
Di sini, selain Curug Cigentis ada juga curug lainnya yang masih satu aliran air ini adalah salah satu dari tujuh tingkatan curug yang ada di Gunung Loji yakni: Curug Cipanundaan, Curug Bandung, Curug Cikarapyak, Curug Cikoleangkak, dan curug lainnya. Namun yang boleh dikunjungi adalah Curug Cigentis. Menurut informasi, curug lainnya tidak boleh dikunjungi karena adanya syarat-syarat khusus dan aksesnya ke tengah rimba. Konon, curug-curug tersebut pada merupakan tempat Curug-curug tersebut berada dalam pengelolaan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta.

Untuk tiket masuk dan biaya parkir ke tempat wisata ini: Tiket masuk wanaiwsata Rp2.500, parkir motor Rp5000, parkir mobil Rp7000, dan tiket masuk ke Curug Cigentis Rp15.000 (harga tiket dan biaya parkir bisa berubah sewaktu-waktu). Pagi pengguna kendaraan roda dua bisa memarkirkannya di dekat loket masuk.

Kampung Wisata
Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki yang jaraknya kurang lebih 250 meter dengan rute menanjak dan lumayan menantang. Sementara beberapa fasilitas yang ada di sana ada MCK, shelter,  kolam renang alam, rambu-rambu objek wisata, dan warung makanan. Oh ya, sebelum sampai ke Curug Cigentis, terdapat kampung wisata dilengkapi dengan fasilitas waterpark mini, outbond, restoran, villa dan juga ATV. Anda bisa menikmati wisata renang dengan sumber air asli pegunungan.

Rute ke Curug Cigentis
Sementara bagi Anda dari luar kota, akses ke Curug Cigentis bisa dari beberapa rute, antara lain:
1. Jika dari kota Karawang masuk ke jalan tol Cikampek- pintu Tol Kantor Asper - Parakan Badak - Desa Jayanti - parkir - berjalan kaki (kurang lebih 2 km) menuju lokasi.
2. Jika berangkat dari Cikarang Baru - Delta Mas - Bendungan Cibeet - Pangkalan Loji hingga Desa Jayanti - berjalan kaki ke Curug Cigentis.
3. Jika menggunakan motor, dari Jakarta lewat Cibubur - Cariu - Pasar Loji - Curug Cigentis (perjalanan sekitar 2 jam).


INFO TERKAIT LAINNYA: