Wisata Jabar

Kampung Toga, Destinasi Wisata Keluarga Terlengkap di Sumedang





Kawasan wisata alam ini dari dulu terkenal dengan keindahan alam dan tempat olahraga Paralayang. Bahkan, untuk PON XIX nanti, Kampung Toga menjadi venue untuk olahraga dirgantara tersebut. Berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan air laut, Bukit Toga juga biasa digunakan para pilot gantole yang berlatih untuk menambah jam terbang. Bagi Anda yang senang mengabadikan keindahan alam dengan drone, kayaknya pengambilan gambar di sini pun layak dicoba.

Jika tidak digunakan untuk event, bukit di Kampung Toga, Sumedang tersebut biasa menjadi destinasi wisata, baik wisatawan lokal Sumedang maupun dari luar kota Sumedang. Tempat ini memang menyajikan keindahan alam ala pegunungan yang menarik banyak wisatawan sejak dulu. Pada musim liburan sekolah, setelah Lebaran, atau tahun baru tempat ini biasa ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan wisata ini pun kini ramai dikunjungi mereka yang hobi selfie ataupun para riders yang sengaja touring ke sini.

Rute ke Tempat Wisata Kampung Toga
Selain menyajikan keindahan alam, tempat wisata ini araknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang. Jaraknya dari pusat kota sekitar 2 km arah selatan. Jika keluar tol Cileunyi ambil arah Jatinangor - Tanjungsari - Cadas Pangeran - Bunderan Polres Sumedang - Belok kanan ke arah Kompleks Makam Gunung Puyuh. Lokasi wisata Kampung Toga sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga. Anda dan keluarga bisa menyewa villa-villa  dan melakukan aktivitas wisata di alam terbuka.

Jalur tempat wisata ini masih searah dengan kompleks pemakaman leluhur Sumedang, yakni Gunung Puyuh. Di pemakaman Gunung Puyuh salah satunya terdapat makam pahlawan wanita nasional, Cut Nyak Dhien. Lokasi makam wanita pejuang asal Aceh tersebut berada di paling bawah bukit dekat persawahan. Dimana makamnya diurus dengan baik dengan adanya kuncen makam, mushola, dan tempat istirahat para peziarah.

Jadi, bagi Anda yang membawa anak-anak, bisa sekalian menziarahi makam pahlawan nasional ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme anak-anak. Di area pemakaman ini pun bersemayam inohong-inohong asal Sumedang, salah satunya seniman Sunda Kang Ibing Kusmayatna.

Fasilitas di Tempat Wisata Kampung Toga
Kampung Toga berada di perbukita dengan mengusung konsep kampung wisata terpadu. Beberapa fasilita suntuk wisatawan yang disediakan di sini antara lain:
1. Villa-villa yang bisa disewa dengan tarif dari 300 ribuan hingga jutaan (bergantung kapasitas).
2. Kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Kolam renang  terdiri dari beberapa kolam renang yang dibangun dalam lahan bertrap-trap di tiap bukit. Tiket masuk pun terbilang murah hanya Rp15.000.
3. Tempat makan, tersedia aneka makanan dan minuman khas Sunda yang disajikan di saung lesehan bernuansa alam terbuka
4. Ruang pertemuan tertutup untuk meeting dan ruang terbuka untuk gathering.
5. Fasilitas outbond, di antaranya ada olahraga dirgantara paralayang dan gantole.
6. Wisata alam Surug Sabuk, Curug Haurlawang, Benteng Belanda Pasirlaja, hingga Benteng Belanda Pasirkolecer. Dari atas puncak bukit Toga, pengunjung bisa melihat hamparan persawahan, perkebunan, dan dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Sumedang. View keindahan alam siang dan malam hari sangat indah dilihat dari puncak bukit.
7. Bagi yang senang memancing bisa naik ke puncak bukit Toga. Di sini, Anda bisa memancing bersama keluarga di atas perahu. Danau buatan yang ada di sini dikelilingi kebun buah-buahan, taman tanaman obat keluarga (Toga).

Kampung Toga
Jalan Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh
Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Jawa Barat
Kontak telp/Fax (0261) 206567


INFO TERKAIT LAINNYA: