Wisata Jabar

Curug Cipurut, Objek Wisata Nan Asri di Wanayasa, Purwakarta




Potensi wisata Purwakarta terus menjadi magnet baru bagi para wisatawan. Pihak pemerintah pun mulai mengembangkan dan mempromosikan satu per satu potensi wisata yang ada di sini. Salah satu kawasan yang kini menjadi incaran para wisatawan adalah di daerah Wanayasa, Purwakarta. Di sini, ada Curug Cipurut. Lokasi wisata air terjun nan alami ini kerap menjadi objek selfie, tempat camping, kegiatan outbond, dan botram (makan bersama) di alam terbuka.

Curug Cipurut termasuk bagian dari Cagar Alam Gunung Burangrang yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I dengan. Curug ini mengalirkan air yang jernih dengan adanya tiga bagian yaitu curug utama yang terdapat di ujung tebing dengan tinggi ± 25 m, serta dua curug lainnya yang lebih landai yang biasanya digunakan oleh pengunjung sebagai tempat seluncur.

Kawasan wisata alam ini biasa dipakau sebagai tempat berkemah, wisata alam terbuka (outbond), hingga tea walk. Curug ini memang termasuk ramah alias tidak membahayakan pare pngunjung dengan derasnya air. Airnya mengalir tenang dan sangat jernih. Hadir dengan hiasan alami berupa rimbunna pepohonan, objek wisata ini memberikan sensasi kesegaran tersendiri. Bagi Anda yang ingin menjajal kesejukan air yang dingin khas pegunungan, cobalah untuk berbasah-basahan di sini. Anda bisa main di bawah jatuhan air, seluncuran, atau di aliran air.

Rute ke Curug Cipurut, Purwakarta
1. Jika menggunakan kendaraan pribadi
- Lewat jalan tol Cipularang keluar Tol Sadangatau Jatiluhur/Ciganea
- Masuk ke kota Purwakarta, ambil arah ke Wanayasa (sekitar 25 km)
- Anda akan melalui Situ Wanayasa yang ada di pinggir jalan.
- Dari Wanayasa ke arah Kecamatan Bojong (jarak 300-500 meter) lalu ada pertigaan ke Desa Sumurugul.
- Dari Sumurugul ke kiri ke arah jalan Desa Sumurugul tersebut. Dari pertigaan jalan utama, langsung ke arah Curug Cipurut (sekitar 1,5 Km,).
- Di ujung jalan desa terdapat dua lokasi parkir.

2. Jika menggunakan kendaraan umum
- Dari Terminal Simpang, Purwakarta gunakan angkutan perdesaan atau atau elf ke Terminal Wanayasa.
- Dari Terminal Wanayasa, naik angkutan perdesaan ke Bojong/Sawit dan berhenti di pintu gerbang Desa Sumurugul
- Dari pintu gerbang ke Curug Cipurut bisa menggunakan ojek.
- Dari batas akhir kendaraan,tinggal berjalan kaki melewati jalan setapak kebun teh (sekitar 500 meter/sekitar 15 menit perjalanan), dan akan sampaidi pintu gerbang Curug Cipurut

Tiket masuk Curug Cipurut Rp. 3.000 (harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu). Disarankan untuk ke sini bawa makanan sendiri, peralatan lengkap, juga datang pada saat hari libur. Saat ramai, biasanya banyak pedagang yang menyediakan kebutuhan perut Anda.

share to whatsapp