Wisata Jabar

Es Sirop Bojong, Kuliner Legendaris Tasikmalaya





Wisata Tasikmalaya sekarang ini mulai bergeliat. Tren Menara Eiffel berbahan bambu salah satunya yang banyak menarik animo masyarakat. Tempat lainnya di kawasan Tasik selatan pun menjadi destinasi wisata baru yang banyak dilirik pengunjung. Potensi lainnya yang menjadi tujuan ulin ka Tasik adalah berburu kuliner. Kota Galunggung ini tak mau kalah dengan Bandung, Garut, Sumedang, atau Majalengka yang terus bergerak dalam menjual potensi wisata daerah.

Wisata kuliner di Tasik yang kerap diburu adalah makanan berat, seperti nasi tutug oncom atau bubur. Namun, untunk minuman pun tak mau kalah. Salah satunya adalah Es Sirop Bojong yang berlokasi di Jln. Ampera Barat 207. Dulu. es sirop ini berada di belakang Aspol (Asrama Polisi) Bojong kemudian pindah ke Jl. Bojong Tengah (1984).

Di jalan inilah brand Es Sirop Bojong dikenal luas masyarakat. Hingga pada tahun 1991 Es Sirop Bojong pindah di Jln. Ampera Barat No. 207, Panglayungan, Tasikmalaya, nama Es Sirop Bojong sudah menjadi sebutan tersendiri.

Cita Rasa yang Mantap!
Es Sirop Bojong adalah kreasi Ibu Momoh. Wirausaha bidang kuliner ini dirintisnya sejak tahun 1972. Dulu ia kerap membantu sirop campur es yang dijual ayahnya. Ibu Mo­moh lalu berkreasi dengan me­nambahkan potongan buah-buahan ke da­lam­nya. Untuk menambah variasi lain, ia pun menambahkan unsur cita rasa lainnya tape ketan, kelapa muda, dan lain-lain. Rupanya pelanggan tambah puas dan siropnya menjadi buah bibir. Dari promosi mulut ke mulut inilah usahanya terus berdiri sampai sekarang dan menjadi salah satu ikon kuliner khas Tasikmalaya.

Keunikan sekaligus pembeda sirop buatannya dengan yang lain adalah peng­gunaan santan dibanding susu kental manis, Walaupun dari segi tampilan, Es Si­rop Bojong tidak berbeda dengan sirop lainnya namun rasanya sangat segar dan enak sekali.

Adapun pelengkapnya ada potongan nangka, ne­nas, kelapa muda, alpukat, tape ke­tan hitam, cincau hitam, dan sebiji durian. Pengunjung bisa menikmatinya dalam ge­las bening tinggi yang bisa menghapus rasa dahaga. Untuk harganya sangat terjangkau mulai dari Rp 10 ribu - Rp 15 ribu. Buka dari pukul 08.00 - 20.00.

Es sirop kreasi Ibu Momoh ini juga bisa Anda jumpai di Foodcourt Yogya Toserba dan Foodcourt Samudera Toserba. Jika ada es sirop dengan label "Bojong" di tempat lainnya dipastikan itu hanya peniru alias abal-abal. Es Sirop Bojong me­nyediakan empat variasi manis yang berbeda, yaitu sirop yang terbuat dari gula pasir (bening), gula pasir plus pewarna merah, gula kawung (aren), dan gula asam. Kalau pembeli tidak menyebutkan permintaan khusus, maka akan diberikan es sirop dengan pemanis gula pasir plus pewarna merah.

Es Sirop Bojong (Ibu Momoh)
Jln. Ampera Barat No. 207, Panglayungan, Tasikmalaya