Wisata Jabar

Kelom Geulis, Sandal Legendaris Khas Tasikmalaya



Di Tasikmalaya, ada satu kreasi yang sudah sangat tersohor menjadi barang khas yang dikenal dari masa ke masa. Pengrajin nya juga bangga bisa melestarikan kebudayaan daerah. Ya, Kelom Geulis Tasik. Kelom Geulis memang memiliki daya tarik tersendiri, Sandal kaum hawa yang menarik karena mempunyai ciri khas, yakni diukir dan dicat dengan berbagai macam motif.

Kelom geulis merupakan sandal kayu khas Tasikmalaya. Kelom geulis diambil dari bahasa Belanda, yaitu kelompen, artinya sandal kayu. Istilah kelom geulis berasal dari bahasa Sunda yang berarti sandal kayu cantik. Sandal kelom biasanya dipakai untuk acara hajatan ataupun resmi. Keunikan bentuk dari kelom geulis hingga saat ini tetap terjaga itu menjadi ciri khasnya dan sudah sangat dikenal dunia sejak dulu, bahkan sudah menjadi alas kaki yang legendaris.

Meski ditangani oleh kaum adam, pembuatan kelom geulis bisa tampil menawan. Bahan bakunya pun tak sembarangan, yang jadi pilihan utamanya yaitu kayu mahoni atau kayu albasia berkualitas pilihan. Kayu mahoni merupakan kayu terbaik untuk bahan dasar kelom geulis.

Hiasan kelom geulis umumnya berupa ukiran dengan motif khas bunga, payung dan kujang. Tapi seiring perkembangan zaman, motif yang menghiasi kelom geulis pun hadir dengan bermacam-macam motif. Ada juga kelom yang terbuat dari hiasan cat air brush dan  batik atau yang lebih dikenal dengan kelom batik.

Kelom geulis sudah bisa menembus pasar ekspor mancanegara, antaralain ke negara Jepang, Korea, Taiwan, Singapura dan Filipina. Kelom Geulis banyak diproduksi sebagai industri rumahan. Sentra produksi kerajinan Kelom Geulis di Tasikmalaya tersebar di beberapa daerah antara lain terdapat di Desa Setiamulya, Mulyasari, Kersanegara, Sukahurip, Sumelap, Linggajaya Mangkubumi dan Gobras. Jika anda sedang berada di sekitar Tasikmalaya, tak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh khas yang cantik ini.