Wisata Jabar

Pesona Wisata Pantai Ujunggenteng




Jika Anda merindukan berkunjung ke pantai yang berpasir putih sejauh mata memandang, maka Pantai Ujunggenteng di Sukabumi merupakan jawaban yang sangat pas untuk memuaskan kerinduan Anda. Kenapa? Karena Pantai Ujunggenteng menyajikan garis pantainya yang berpasir putih sepanjang 16 kilometer. Dengan deburan ombak besar ciri khas pantai-pantai selatan Pulau Jawa yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan langit yang biru dengan pulasan awan-awan tipis.

Ujunggenteng sungguh menawan dan akan membuat Anda tergoda untuk bercengkerama dengan airnya yang jernih. Di sini, Anda akan merasa waktu seolah berhenti dan setiap hari rasanya hanyalah waktu untuk liburan dan bersantai-santai. Tempat yang pas untuk melarikan diri dari kepenatan rutinitas kerja sehari-hari.

Pantai Ujunggenteng berada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Dari Kota Sukabumi, jarak yang harus Anda tempuh sekitar 120 km. Sedangkan bila Anda menempuhnya dari Jakarta maka jarak yang harus ditempuh lebih jauh lagi 220 km, dan dari Bandung sekitar 230 km.

Apabila Anda memutuskan untuk berlibur ke pantai ini, ada baiknya mempersiapkan kendaraan Anda terlebih dahulu agar laik jalan karena jauhnya jarak yang harus ditempuh dengan medan yang cukup menantang.

Rute Menuju Ujunggenteng
Secara umum kondisi jalan cukup bagus, namun di berapa titik ada yang berlubang sehingga membutuhkan perhatian ekstra selama perjalanan. Dari Jakarta, rute yang bisa dilalui adalah Jakarta-Ciawi-Cicurug-Cibadak-Jampang Kulon (Sukabumi)-Surade-Ujunggenteng. Sementara bagi Anda yang berasal dari Bandung, bisa melalui rute Cianjur-Sukabumi-jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng.

Ada beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi di Ujunggenteng, yaitu Pantai Cibuaya, Pantai Pangumbahan, dan Pantai Ombak Tujuh.Anda boleh memilih yang mana pun dari ketiganya karena sama-sama cantik. Namun, memang ada spesifikasi tersendiri dari ketiga pantai itu. Tiket masuk ke kawasan pantai Ujung Genteng sebesar Rp 5.000.

Pantai Cibuaya
Pantai Cibuaya sangat cocok bagi Anda yang senang berendam dan bermain air di tepi pantai atau sekadar bersantai karena sangat tenang dan lebih mudah ditempuh. Kedalamanya bervariasi dari mulai setengah meter hingga 6 meter. Sehingga, pantai ini relatif aman dan nyaman bagi Anda yang datang bersama keluarga dan membawa anak-anak. Apalagi terumbu karang di pantai ini pun masih cukup baik dan cantik.  

Pantai Pangumbahan
Selain memiliki hamparan pasir putih halus hingga 1 km, Pantai Pangumbahan juga cocok bagi Anda yang ingin berselancar karena ketinggian ombaknya bisa mencapai 2-3 meter. Lokasi ini juga menjadi tempat penangkaran penyu (Chelonia mydas).

Karena itu, tak heran bila pantai ini dijaga ketat oleh petugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di malam hari untuk mencegah tangan-tangan jahil yang mencoba menjarah telur-telur penyu.

Meski demikian, pantai ini dibuka untuk umum dari pagi hingga siang hari. Biasanya penyu-penyu akan berdatangan untuk bertelur pada bulan November, jumlahnya bisa mencapai puluhan ekor, dan jumlah telur bisa mencapai ratusan butir. Di pantai inilah, wisatawan bisa menyaksikan tontonan yang menarik, pelepasan tukik-tukik untuk dikembalikan ke laut.

Pantai Ombak Tujuh
Inilah pantai yang sangat cocok bagi para penggila surfing (selancar) karena katanya ombak di pantai ini bisa mencapai tujuh tingkat. Tak heran bila tempat ini banyak diburu para peselancar dari mancanegara. Nama pantai Ombak Tujuh pun konon merupakan pemberian dari wisatawan asing yang kagum pada kedahsyatan ombaknya.

Akan tetapi, jalur untuk mencapai pantai ini membutuhkan usaha keras karena cukup menantang. Apabila menyewa jasa ojek sebagai satu-satunya alat transportasi, siap-siap saja merogoh kocek cukup dalam karena tarifnya memang mahal, bisa mencapai Rp 200.000 per motor.

Bagi Anda yang hendak membawa oleh-oleh khas pantai, Anda dapat berbelanja ikan-ikan hasil laut di kios-kios pinggir pantai Ujunggenteng yang buka setiap pagi, seperti ikan layur, ikan pari, ikan sotong, dan lain-lain.

Bila pandai menawar, ikan hasil tangkapan yang masih segar ini bisa Anda dapat dengan harga yang murah. Bagi Anda yang berencana menginap, tak perlu bingung karena di sini bertebaran tempat penginapan dengan tarif mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 350.000.