Wisata Jabar

Peringatan Hari Jadi Jawa Barat De Syukron



"Segala keberhasilan pembangunan ini hakikatnya merupakan rahmat dan karunia Allah SWT," demikiann sambutan dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat membuka gelaran De Syukron yang kelima di Gedung Sate Bandung. Pada kesempatan itu, Gubernur Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar memainkan wayang golek di De Syukron di Gedung Sate, Bandung, 23 Oktober 2015. Pesta yang digagas Pemprov ini digelar selama tiga hari ke depan. Event ini juga dihadiri sejumlah kepala daerah di Jabar.

Kegiatan De Syukron tahun ini kembali digelar di Gedung Sate, Jln. Diponegoro, Kota Bandung. Di panggung utama yang berhadapan dengan tenda VIP,  Pukul 09.30, secara resmi gelaran ini dibuka oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Wagub Jabar Deddy Mizwar. Pada acara pembukaan, Pangdam III Siliwangi. Bupati Sukabumi Sukmawijaya, Kepala BPKP Simarmata, serta pejabat teras Jabar lainnya turut hadir.

Pembukaan menampilkan tarian kontemporer dengan konfigurasi yang memukau. Pada gelaran Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-70 ini akan diiisi dengan acara pameran multi produk, peserta kedutaan negara sahabat, anggota mitra praja utama, kabupaten/kota, perguruan tinggi, wirausaha kreatif, OPD provinsi, kuliner, jajanan tempo doeloe, komunitas hobi, klub, dan sponsor.

Pertunjukan Artis-Artis Ibu Kota
Tak kalah meriah adalah sejumlah artis ibukota juga akan ikut meramaikan helaran De Syukron 5 kali ini. Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) pada tanggal 23 Oktober 2015 akan menampilkan Cakra Khan, Tata Janeta, Hedi Yunus, Armand Maulana, Melly Goeslow, Dewi Gita, Nassar. Besoknya Sabtu, 24 Oktober 2015 akan tampil The Titans, Sarasvati, Nelly Agustin, Kristina, dengan Host Deswita Maharani.

Pada Sabtu malam, pada Sabtu malam akan digelar video mapping yang mengangkat tema PON 2016 mendatang. Pada pertunjukan ini akan diperkenalkan maskot PON XIX, yaitu Surili. Selain itu, akan ada pertunjukan kembang api dalam event yang mengusung tema: “Jabar Kahiji, Jabar Kreatif dan Bestari”. Untuk kembang api, panitia telah menyiapkan delapan ribu tembakan.

Acara ini juga akan menampilkan wayang golek dari dalang Dadan Sunandar Sunarya pada Jumat, 23 Oktober 2015. Pengunjung bisa juga membeli multi produk yang diisi oleh anggota mitra praja utama, kabupaten/kota, perguruan tinggi, wirausaha kreatif, OPD provinsi, kuliner, jajanan tempo doeloe, komunitas hobi, klub, dan sponsor. Organisasi perangkat daerah (OPD) pun menggelar berbagai acara di lokasi, seperti Disperindag akan menggelar karnaval, Fashion Show On The Street Jabar Ngagaya "Gandrung Kasarung 3" pada hari Sabtu.