Wisata Jabar

Kang Komar, Sosok Idola Baru Masyarakat Jawa Barat




Penampilannya mengingatkan kita pada Daniel Sahuleka, penyanyi asal Ambon yang terkenal di negeri Belanda dengan lagunya "Don't Sleep Away This Night". Rambutnya sama-sama panjang keriting. Bedanya, yang satu sebagai penyanyi dan satunya lagi sebagai aktor sitkom Preman Pensiun yang tengah digandrungi masyarakat. Ya, Kang Komar dengan ciri khasnya preman yang mendadak suka gemulai dan cengeng, terutama di hadapan Kang Mus dan istrinya, Bebeb.

Berkah Sinetron Preman Pensiun
Beberapa kali tim www.wisatajabar.com bertemu dan berbincang dengan sosok pemeran preman Hello Kitty ini. Di saat itu pula, sosok Kang Komar selalu menjadi incaran penggemar untuk selfie bareng. Maka tak heran, pemain Preman Pensiun yang aslinya dikenal dengan nama Matt Drajat ini seakan selalu sibuk memenuhi panggilan di event-event yang diselenggarakan. Ya, Kang Komar termasuk salah satu pemain Preman Pensiun yang super sibuk sebagai bintang tamu. Dari undangan launching perusahaan, pameran batu akik, kegiatan culinary night, hingga hajatan.

"Saya mah teu nyangka bisa jadi gini. Antusiasme masyarakat Bandung dan Jawa Barat sungguh luar biasa pada sosok Komar. Alhamdulillah, peran saya sebagai sosok Kang Komar bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa karya Kang Aris Nugraja memang jempolan. Dimana mampu membuat karakter-karakter yang punya ciri khas masing-masing," kata Matt Drajat saat berbincang dengan www.wisatajabar.com di sebuah cafe di bilangan Jalan Lodaya, Bandung.

Penggemar Kang Komar bahkan tersebar hingga kota-kota lainnya di luar Bandung, salah satu fanbase fanatiknya ada di Sukabumi. Para penggemar di sana sampai mendirikan Komar Fans Club. Para penggemarnya pun dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, hingga kakek-kakek. Kemanapun Kang Komar berada di tempat umum, ia selalu laris manis diserbu penggemarnya. Beberapa kali pula, Kang Komar sampai mendatangi kota-kota di luar Bandung untuk memenuhi undangan jumpa fans. Dari Karawang, Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, hingga Garut pernah ia sambangi.

Penjiwaan Peran Tokoh Kang Komar
Sosok Matt Drajat memang menjadikan dunia hiburan sebagai jalan hidupnya. Kang Matt Drajat mengakui, berkah Preman Pensiun luar biasa baginya. Berkat Preman Pensiun ia bisa kenal dengan ragam lapisan masyarakat hingga menjad duta yakni duta batu akik, duta gotong-royong saat peringatan KAA ke-60 di Kota Bandung.

Karakter yang ia bawakan sebagai Kang Komar merupakan hasil olah penghayatan akan preman yang lebay tersebut. Ciri khas suka goda perempuan, galak ke anak buah, takut pada istri, hingga mimik wajah dan suaranya bukan lahir begitu saja. Matt Drajat menghayati peran tersebut setelah evaluasi penokohan plus melihat respons masyarakat.

"Ya, walaupun aslinya saya memang suka heureuy. Namun sebetulnya untuk peran Kang Komar ini saya harus mengeluarkan kemampuan ekstra untuk memerankan sosok preman yang balakasadut alias preman yang keluar dari mainstream. Ciri khas 'Iya.. Kaaaaang!" atau "Iya... Bebeeeeb!" tak lahir begitu saja. Saya mengolahnya sedemikian rupa hingga cocok dengan nuansa urang Sunda," kata Matt Drajat.

Ia pun mengungkapkan mengenai bagaimana sajian peran di Preman Pensiun memang gaya keseharian urang Sunda. Kang Matt Drajat mengungkapkan salah satu contonya, jika penonton jeli bisa dilihat pada awal kemunculan Preman Pensiun di season 1, adegan dialognya dengan preman Maman Suherman (alm. Roy Chunonk) masih menggunakan panggilan "elu" dan "gua" namun akhirnya dialog terarah menjadi ala urang Sunda.

Jatuh Bangun dalam Dunia Hiburan
Matt Drajat mengungkapkan, jalan hidupnya penuh liku-liku. Pria yang tinggal di Depok ini memang cinta berat dengan dunia seni peran. Namun, di dunia seni peran pula ia pernah merasakan hidup yang jatuh bangun. Maka, ia pun dulu kerap kerja serabutan dari ikut organisasi massa, jadi figuran, dan kerja lainnya yang kiranya bisa menopang ekonomi keluarganya. Ia pernah jadi pemeran figuran di beberapa sinetron hingga videoklip, salah satunya videoklip lagu religi "Taubatlah-taubat" yang dinyanyikan Syahrini.

Sementara saat di Preman Pensiun, videoklip terbaru yang ia perankan adalah "Janda Bodong versi Kang Komar" yang dibuat DH Production. Di video klip lipsync ini, ia berperan bersama Ceu Edoh dan Dikdik. Selain itu, ada juga videklip lipsync lainnya yaitu "Sesakit-Sakitnya versi Kang Komar" yang suara aslinya dibawakan Ruri Wantogia.