Wisata Jabar

Asyiknya Berkunjung Ke Curug Cibeureum, Bogor





Bagi Anda yang ingin berwisata ke kota Bogor, ada salah satu objek wisata yang cukup menarik dan menantang untuk dikunjungi, lokasinya yang berada sedikit masuk ke dalam rimbun pepohonan akan membangkitkan adrenalin Anda dengan diiringi kesejukan udara yang tersuguh di sekitar objek wisata ini.

Sebenarnya dalam kawasan Air Terjun Cibeureum ini terdapat 3 buah air terjun atau curug dalam bahasa Sunda. Ketiga curug tersebut antara lain Curug Cidendeng, Curug Cikundul dan yang satu lagi adalah Curug Cibeureum. Yang lebih menakjubkan lagi adalah, gabungan ketiga curug ini menjadi sebuah sungai, sungai itu bernama sungai Cikundul.

Kalau kita berbicara tentang sebuah air terjun, selalu saja ada cerita dibalik keindahannya, begitu juga dengan Air Terjun Cibeureum. Menurut cerita warga setempat, tepat di bawah air terjun ini terdapat sebuah batu yang konon katanya adalah jelmaan seorang pertapa sakti, karena ketekunan dan kesungguhannya bertapa, dia menjadi batu dan akan kembali menjadi manusia nanti di hari kiamat. Percaya atau tidak percaya, itulah yang dikatakan warga sekitar mengenai air terjun ini.

Rute Menunu Curug Cibeureum, Bogor
Tempat wisata alam ini tepatnya terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) Cibodas, tepatnya di Desa Sindang Laya, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Untuk dapat sampai di Air Terjun Cibeureum ini, pengunjung harus berjalan kaki, setelah membayar tiket di loket pintu masuk. Pengunjung akan berjalan menyusuri hutan hujan tropis yang masih asri sejauh 1.500 meter, kemudian anda akan menemukan sebuah rawa yang sering disebut masyarakat sekitar sebagai telaga biru.

Telaga ini dapat berubah warna, hal ini dikarenakan tanaman ganggang yang tumbuh di dalamnya. Selain telaga Biru, dalam perjalanan menuju Air Terjun Cibeureum juga akan dijumpai sebuah rawa yang bernama rawa Gayang Agung, namun harus dengan melewati sebuah jembatan kayu terlebih dahulu.

Setelah melewati jembatan kayu kurang lebih 1 kilometer, terdapat pertigaan. Jika Anda ingin menuju Air Terjun Cibeureum, Anda harus mengambil arah kanan, sedangkan bagi pengunjung yang ingin menuju puncak gunung, mengambil jalan lurus. Setelah pertigaan ini, perjalanan tinggal kurang lebih 30 menit. Namun jalanan sedikit menurun dan berbatu, di beberapa tempat juga digenangi air, jadi Anda harus berhati-hati karena sedikit licin.

Setelah kurang lebih 30 menit berjalan, Anda akan sampai di Air Terjun Cibeureum, air terjun ini berada di ketinggian 1.675 meter di atas permukaan laut. Setelah Anda sampai di air terjun ini dan melihat keindahannya, semua rasa lelah Anda selama perjalanan akan hilang dan dibayar lunas dengan keindahan air terjun Cibeureum.

Disini Anda dapat berenang di bawah air terjun dengan air yang sangat bersih dan juga jernih, atau hanya sekedar menikmati keindahan alam di sekitar air terjun Cibeureum juga sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Udara yang sejuk karena rimbunnya pepohonan di sekitar, suara kicau burung juga masih sering terdengar di tempat ini, dijamin Anda akan merasakan relaksasi alami yang luar biasa.


INFO TERKAIT LAINNYA: