Wisata Jabar

Melepas Penat di Curug Cilember Bogor




Bagi Anda yang sudah penat dengan rutinitas harian, maka Curug Cilember Bogor bisa dijadikan alternatif pilihan tempat wisata bagi anda untuk sekedar melepas lelah. Ada banyak tempat wisata yang memberikan penawaran yang menarik, namun menikmati pemandangan alam di curug ini bisa membuat anda merasa tenang dan nyaman. Inilah yang ditawarkan oleh tempat wisata yang satu ini.

Curug Cilember terletak dalam sebuah kawasan Wana Wisata Curug Cilember yang berada di ketinggian 800-900 mdpl dengan memiliki suhu berkisar antara 18-23 derajat celsius. Luas wilayah ini sekitar 5,9 hektar yang didominasi dengan perbukitan dan hamparan tanaman pinus merkusi. Curug Cilember ini berada di bawah naungan Perum Perhutani Unit III yang bekerja sama dengan PHBM Jawa Barat.

Lokasi dan Rute Menujua Curug Cilember
Curug ini berada di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Jaraknya sekitar 20 km dan sekitar 1,5 jam jika dari kota Bogor. Jalan untuk dapat mencapai curug ini ada di dekat Pasar Cisarua atau gerbang Desa Cilember di samping rumah makan padang jika dari arah jalan raya Bogor - Puncak. Atau Anda juga dapat masuk melewati Taman Matahari.

Kondisi jalan untuk menuju lokasi seperti pada umumnya baik dan sudah beraspal serta dapat dilewati berbagai macam jenis kendaraan, namun jalan berliku dan sempit sehingga jika ada 2 mobil yang berpapasan akan cukup sulit untuk melewatinya.  Jarak dari jalan raya sampai ke pintu gerbang curug ini berjarak sekitar 3 km. Sarana transportasi umum yang tersedia hanya angkutan ojek yang berada di jalan masuk di pinggir jalan raya Bogor - Puncak.

Bunga dan tanaman seperti anggrek adalah salah satu item yang menarik bagi banyak pengunjung curug ini. Air terjun yang ada di curug ini terbilang sangat unik, karena ada tujuh air terjun yang secara berurutan yang dapat dinikmati dalam kawasan yang sama, maka tidak heran jika disebut dengan curug 7. Curug paling bawah ialah curug ke tujuh dan berurutan sampai curug satu yang letaknya paling atas. Selain itu, air yang ada di curug ini sangat jernih dan bersih. Curug Cilember, Bogor bisa jadi salah satu opsi tempat wisata yang tepat untuk melihat keindahan alam.

Rute menuju Lokasi Wisata Curug Cilember ini sebenarnya sangat mudah, yaitu di jalan raya Bogor - Puncak sebelum Pasar Cisarua atau gerbang Desa Cilember. Jika masih bingung pas sebelum pasar tanyakan saja jalan menuju lokasi objek wisata. Akses dari jalan raya ke pintu gerbang curug ini jaraknya sekitar 3 km dengan kondisi jalan cukup kecil namun masih bisa dilewati dengan kendaraan roda empat.

Untuk masalah penginapan, di tempat ini terdapat pondok kayu sejenis Cottage yang disediakan oleh pengelola, namun di tempat yang lain sekitar kawasan tersebut juga ada villa yang bisa disewa seperti Villa Mutiara Cilember, Villa Andre dan Villa Datuk Hakim Cilember. Jadi bagi pengunjung yang akan bermalam sekitar lokasi tidak perlu khawatir masalah akomodasi.

Curug Cilember
Jl. Cisarua Puncak Km 10
Desa Cilember
Kecamatan Cisarua
Puncak, Jawa Barat
Telp: (0251) 258 890