Wisata Jabar

25 Tempat Wisata Favorit di Bandung Saat Libur Lebaran



Tempat Wisata Favorit Bandung 2018

Saat momen libur Lebaran, Bandung menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan para pelancong terutama dari Jabodetabek. Tak heran bila para pengelola tempat wisata pun berlomba-lomba untuk memberikan layanan yang bikin wisatawan nyaman. Selain itu, pengelola tempat wisata pun menghadirkan ragam fasilitas baru dengan konsep wisata selfie yang instagramable.

Berikut ini beberapa tempat wisata favorit wisatawan di Bandung saat libur Lebaran:

1. The Lodge Maribaya
Tempat wisata di kawasan Cibodas ini menghadirkan destinasi wisata baru setelah sebelumnya menghadirkan The Lodge dan Murberry Hill, kini mereka melebarkan sayapnya dengan membuat destinasi wisata untuk rekreasi keluarga bertemakan Fairy Garden . Lokasi Fairy Garden ini tepat di seberang dari The Lodge Maribaya, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang.

2. Dago Dream Park
Dago Dream Park adalah salah satu destinasi wisata ngehits yang berada di Jalan Dago Giri KM 2,2 ini menawarkan beragam wahana menarik, seperti Choo Choo Train, Kampung Dayang Sumbi, panahan, dan masih banyak lagi. Salah satu wahana utama yang menjadi daya tarik Dago Dream Park adalah Aladdin Carpet. Di sini, kamu akan dibuat seolah terbang dengan karpet Aladdin.

Dago Dream Park juga menyediakan beragam fasilitas yang bisa kamu gunakan. Mulai dari area kemah, penginapan, hingga Bandung Tour on Bus (Bandros) yang akan memudahkan kegiatan wisata kamu selama di sini.

3. Trans Studio Bandung (TSB)
 Tempat wisata terpadu dan wahana hiburan di Jln. Gatot Subroto ini selalu ramai pengunjung karena tempat ini menawarkan wahana permainanindoor terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Di dalam TSB, terdapat 20 wahana permainan yang dibagi dalam 3 tema, Studio Central (bernuansa Broadway), Lost City (bernuansa Alam) dan Magic Corner (bernuansa mistis). Salah satu wahana yang paling terkenal di dalam TSB adalahYamaha Racing Coaster, sebuahroller coaster tercepat di dunia yang memiliki manuver gerakan mundur.

4. Kawah Putih
Kini di Kawah Putiuh ada dermaga apung yang melintang sepanjang 50 meter dan lebar 2 merer. Menjorok dari pinggir danau ke pulau kecil yang menyembul di tengah permukaan danau. Dermaga Ponton tersebut mengapung di atas danau yang berwarna putih kebiruan dan kehijauan bercampur belerang khas danau vulkanik. Di dermaga itu, tampak para pengunjung asyik berswafoto.

5. Farmhouse Lembang
Lokasi wisata yang tak jauh dari Terminal Ledeng ini dikenal dengan Rumah Hobbit-nya. Di sana ada taman bunga dengan berbagai macam bunga warna warni. Ada juga gembok cinta seperti di Korea.
Sembari menikmati pemandangan dan hawa yang sejuk, Anda dan keluarga bisa berfoto-foto dan mengabadikan momen bahagia saat lebaran di Farmhouse Lembang.

6. Lereng Anteng Panoramic
Tempat wisata kuliner di kawasan Punclut ini menyajikan pemandangan yang langsung menghadap hamparan gunung-gunung yang hijau, Lereng Anteng juga menyediakan kuliner khas Sunda serta kopi nusantara yang pastinya akan memanjakan lidah dan mata Anda. Dengan mengambil konsep terasering, Lereng Anteng menyediakan saung-saung dengan atap plastik transparan dan juga di dalam saung disediakan bantal-bantal dan alas sehingga Anda lebih nyaman.

7. Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo)
Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung resmi memiliki taman baru bernama Taman Lestari. Taman yang dibangun oleh Lions Club Bandung Lestari ini baru saja diresmikan pada Sabtu (19/5/2018), di Bandung Zoo, Jalan Tamansari, Kota Bandung. Selain itu, kawasan wisata di dekat Kampus ITB ini telah direvitalisasi sehingga lebih nyaman dan menghadirkan aneka fasilitas terutama yang ramah anak.

8. Gunung Tangkuban Parahu
Tak lengkap rasanya jika ke Bandung tak mendatangi objek wisata Tangkuban Perahu. Pemandangan yang disuguhkan mampu menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya. Tak heran, objek wisata Tangkuban Perahu selalu menjadi destinasi utama para wisatawan ketika berkunjung ke Bandung. Ketika sudah datang ke sana, rasanya tak rela jika harus meninggalkannya.

9. Terminal Wisata Grafika Cikole
erminal wisata grafika Cikole yang berlokasi di Jalan Raya Tangkuban Perahu km 23 Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, wajib anda kunjungi. Taman wisata yang terletak di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut ini menawarkan suasana liburan di tengah hutan pinus.
Tempat wisata di arah jalan ke Tangkuban Parahu ini menyajikan aneka fasilitas dari penginapan, wisata kuliner, souvenir, hingga aneka wisata kegiatan di alam terbuka.

10. De'Ranch Lembang
De’Ranch memberikan nuansa baru dalam wisata alam dengan menampilkan nuansa peternakan di mana kuda masih merupakan hewan pekerja yang utama seperti di zaman cowboy. Nikmati suasana peternakan sambil menunggang kuda dengan kostum khas cowboy, lahan hijau dan aktivitas lainnya untuk seluruh keluarga.

11. Glamping Lakeside Rancabali - Situ Patenggang
Dibuka sejak awal 2016, Glamping Lakeside telah mengambil hati banyak wisatawan. Glamping Lakeside Rancabali sendiri sebenarnya sebuah resort yang terbuka untuk umum, dengan menyediakan sebuah glamping di pinggir danau untuk tempat menginap.

Wisatawan pun bisa menyantap sajian Indonesian dan Western Food sekaligus menikmati pemandangan dan nuansa menaiki kapal Pinisi di Pinisi Resto. Kapal besar Pinisi tersebut berada di sebrang lokasi penginapan, menambat di tepi danau. Pengunjung biasanya akan melakukan swafoto dan mengunggahnya di medsos.

12. Rumah Belanda
Rumah Belanda adalah restoran dan tempat wisata selfie terbaru di Jln. Raya Maribaya Timur, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sesuai namanya tempat makan unik ini mengadaptasi suasana pedesaan di Belanda. Rumah hingga menu yang ditawarkan bernuansa Belanda. Tempat ini selain untuk makan cocok untuk berfoto-foto di spot-spot yang telah disediakan.

13. Rabbit Town
Rabbit Town merupakan salah satu lokasi wisata swafoto di wilayah Jalan Rancabentang No.30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Sebuah rumah warna putih dengan deretan ikon kelinci di depannya itu pada libur panjang ini terlihat di serbu pengunjung.

Untuk masuk ke lokasi Rabitt Town, pengunjung harus membayar ticket masuk Rp. 25.000. Selain itu pengunjung pun harus mengisi saldo pada sebuah kartu khusus (access card) yang diberikan pihak Rabbit Town, kartu itu nantinya dapat digunakan untuk membayar beberapa lokasi wisata selfi dan beberapa makanan didalam Rabbit town.

14. Chinatown Bandung
Jelang libur Lebaran tahun ini, Chinatown Bandung merilis 12 spot foto baru yang bisa dijadikan latar belakang untuk memperbarui feed Instagram agar lebih kekinian. Akun Instagram Chinatown Bandung mengumumkan peluncurannya lokasi yang disebut Selfie Town.

15. Bus Bandros
Naik Bus Bandros menjadi cara seru yang berbeda menikmati Kota Bandung. Tersedia 12 bus yang akan memanjakan wisatawan. Anda dapat memilih warna bus, seperti merah, hijau, biru muda, hitam, pink, ungu, dan warna unik lainnya. Anda dapat menuju lokasi shelter atau terminal Bandros di depan Gedung Bank Indonesia dan Taman Balai Kota Bandung.

Jika Anda menaiki Bandros berwarna ungu, rute yang akan dilalui adalah jalan di Gasibu menuju Taman Cikapayang, Alun-Alun Ujungberung Bandung lalu menuju Museum Geologi dan Pusdai di Jalan Diponegoro. Sedangkan untuk Bus Bandros berwarna hijau, pengunjung akan diajak melewati rute kawasan Chinatown Bandung menuju jalan Pasir Kaliki, Alun-Alun Cicendo, Karang Setra, Kampus UPI, hingga GOR Padjajaran.

16. Museum Gedung Sate
Museum Gedung Sate terletak di bagian belakang Gedung Sate, tepatnya di basement sayap kanan gedung, tak jauh dari kantin, lapangan parkir, dan Bank BJB di area Kompleks Gedung Sate. Jika sudah di area belakang kompleks, tak sulit untuk menemukan museum itu. Pengunjung di Museum Gedung Sate akan disu­guhi fasilitas multimedia yang interaktif dan inovatif. Ada sepuluh teknologi multimedia yang bisa dicoba saat berada di area museum.

17. Amazing Art World
Museum 3D Amazing Art World tetap buka pada hari Lebaran 2018. Destinasi wisata yang memiliki luas 2 hektare ini akan beroperasi dari jam 10.00  hingga pukul 20.00 WIB. Setelah hari lebaran, Amazing Art World akan beroperasi seperti biasa dimulai dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

18. Upside Down World
Tempat wisata selfie ini berlokasi di Jalan H Wasid No 31 Dipati Ukur Bandung. Lokasinya yang strategis di tengah Kota Bandung, memudahkan wisatawan untuk berkunjung. Upside Down World merupakan wisata yang lagi trend di Kota Bandung, karena menawarkan sensasi foto terbalik seperti berada di ruang angkasa.

19. Tebing Keraton
Lokasi tebing keraton di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Dago, Bandung Utara. Wisata Tebing Keraton Dago Bandung adalah salah satu destinasi wisata alam yang saat ini terkenal dan banyak digandrungi kalangan remaja. Wisata Tebing Keraton sendiri terletak di salah satu tempat wisata Bandung yang lebih dulu populer, yakni Tahura Ir. H. Juanda.

20. Alun-Alun Kota Bandung
Alun-alun kota Bandung berada di halaman Masjid Raya Bandung di Jln. Asia Afrika. Pengerjaan renovasi dengan dilapisinya lapangan dengan rumput sintetis, membuat alun-alun kota Bandung jadi nyaman dan bersih untuk dikunjungi. Lokasinya pun dekat dengan Braga dan juga Museum Asia Afrika.

21. Barusen Hills
Barusan Hills  di kawasan Pasirjambu (Ciwidey) Bandung selatan ini dibangun dengan konsep wisata terpadu, menyuguhkan aneka wisata adventure yang menantang. Pengunjung bisa menikmati keseruan petualangan bersama alam bebas di sini. Daya tarik dari tempat wisata satu ini, yaitu terdapat kolam renang yang terletak di atas bukit. Kolamnya pun langsung menghadap pemandangan hijau sekitar Ciwidey. Terdapat juga area glamour camping (glamping).

22. Villa Kancil
Tempat wisata ini berlokasi di Bandung Timur, tepatnya di Jln. Raya Desa Padamukti, Kampung Bojong Bubu, Solokan Jeruk,. Villa Kancil menjadi tujuan favorit outbond anak-anak sekolah dasar di wilayah Bandung timur. Tak berlebihan, sejumlah wahana edukatif bisa dinikmati di sini. Tak hanya ramah anak, Villa Kancil bisa menjadi tujuan pengunjung dewasa untuk melepas penat seharian kerja. Sebab, lingkungannya masih sangat asri dan alami. Ditunjang dengan suasana pedesaan khas Sunda. Di sini pun tempat wisata kuliner yang pas buat keluarga.

23. Dusun Bambu
"Family Leisure Park", tagline tempat wisata di kawasan Jln. Kol. Masturi ini memang pas buat taman rekreasi keluarga Anda. Nama Dusun Bambu memang terus ngehits di kalangan wisatawan terutama dari daerah luar Bandung. Lokasi wisata Dusun Bambu menjadi tujuan favorit para pelancong untuk berlibur; menikmati keindahan alam pegunungan khas Lembang; juga tak ketinggalan menjadi wisata selfie kekinian yang instagramable banget. Apalagi kini Dusun Bambu pun menyajikan spot-spot baru yang bikin penasaran para pelancong untuk berfoto-foto di sana.

24. D'Dieu Land Punclut
Untuk kawasan Bandung utara,  kini telah hadir D'Dieu Land yang mengusung tagline "Ulin, Nongkrong, Outbond". Lokasi tempat wisata dengan ciri khas sky walk warna-warni ini berlokasi di Jalan Pagermaneuh, Punclut, Kabupaten Bandung Barat. Punclut sendiri merupakan salah satu jalan alternatif bagi para wisatawan dari Bandung yang menuju Lembang.

Lebih asyik lagi bila berkunjung ke tempat wisata ini pada malam hari. Pengunjung bisa merasakan hawa dingin kawasan perbukita Bandung utara sekaligus menikmati pemandangan city light dataran Bandung dari ketinggian. Karena banyaknya spot buat swafoto, siapkan kamera dan smartphone Anda.

25. Taman Lalu Lintas Bandung
Taman Lalu Lintas kini dilengkapi dengan Pusat Edukasi Anak di mana anak-anak usia di bawah 13 tahun bisa belajar tentang keselamatan berlalu lintas. Tentunya, ada pula wahana-wahana yang bisa dijadikan sebagai tempat praktik langsung pengenalan rambu lalu lintas.

Kini, Taman Lalu Lintas juga memiliki amphiteater. Fasilitas itu bisa digunakan untuk menonton pertunjukan kecil untuk para pengunjung. Sebagaimana taman-taman tematik Bandung lainnya, di Taman Lalu Lintas juga ada kolam air dangkal. Biasanya, anak-anak kecil senang bermain air di kolam tersebut.