Wisata Jabar

Rangkaian Acara HUT ke-5 Kab. Pangandaran Tahun 2017



Tanggal 25 Oktober tahun ini, Kabupaten Pangandaran menginjak usia ke-5.  Kabupaten Pangandaran adalah sebuah daerah otonomi baru (DOB) di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten Pangandaran secara resmi berpisah dari kabupaten induknya yaitu Kabupaten Ciamis pada tahun 2012. Ibukota Kabupaten Pangandaran adalah Parigi.

Kabupaten Pangandaran berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di Utara, Kabupaten Cilacap di Timur, Samudera Hindia di Selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di Barat. Kecamatan di Kabupaten Pangandaran berjumlah 10 kecamatan yang terdiri atas 92 desa. Pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran berada di kecamatan Parigi. Luas Kabupaten Pangandaran adalah 168.509 Ha dengan luas laut 67.340 Ha. Kabupaten Pangandaran memiliki panjang pantai 91 km.

Bicara Pangandaran rasanya tak bisa dilepaskan dengan keindahan wisata alamnya, salah satunya pantai .Wisata pantainya, tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tapi juga mancanegara. Memang, pantai-pantai di Pangandaran memiliki panorama yang cantik dan menarik. Selain itu, wisata di Pangandaran juga telah ditunjang dengan fasilitas hotel, restoran, dan aneka layanan wisata yang representatif.

Nama Pantai Pangandaran menjadi primadona wisatawan. Letaknya ada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Jika Anda dari arah Ciamis, Anda harus ke arah selatan sekitar 92 km. Lalu ada Pantai Batukaras yang terletak di Desa Batukaras, sekitar 34 km dari Pangandaran. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata dengan suasana yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat dan lokasi surfing pilihan para turis.

Anda bisa juga berwisata ke Pantai Karapyak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Ciamis atau sekitar 20 km dari pantai Pangandaran. Jika Anda dari arah alun-alun kota Ciamis, Anda akan menempuh jarak sekitar 78 km.

Dalam menyambut milangkala kelahiran daerah Pangandaran, sebagai wujud rasa syukur dan kecintaan warga serta pemerintah daerah terhadap Pangandaran, digelar lah serangkaian acara-acara untuk menyambutnya, seluruh SKPD dan Dinas serta stakeholder pariwisata di kumpulkan dalam ajang  ragam event menyambut milangkala Kabupaten Pangandaran ke-5.

Berikut ini rangkaian acara milangkala Kabupaten Pangandaran ke-5 tahun 2017:
Rabu, 18 Oktober 2017: Pembukaan pameran dan festival seni daerah
Kamis, 19 Oktober 2017: Festival kuliner dan persembahaan musik religi
Jumat, 20 Oktober 2017: Jalan sehat  dan senam zumba
Sabtu, 21 Oktober 2017: Karnaval seni budaya, karnaval fashion, festival band, Napak Jagat Pasundan

- Rute karnaval: Start Kantor Disparbud Pangandaran, Finish Taman Marlin Boulevard
- Lokasi event: Parkir Boulevard Pangandaran