Wisata Jabar

Keraton Cirebon Wakili Jabar di Festival Keraton Nusantara X 2016




Festival Keraton Nusantara (FKN) X 2016 digelar di Kabupaten Kotawaringin, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Kegiatan yang digelar pada 9-12 Oktober 2016 ini diikuti 67 keraton. Festival Keraton ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, di halaman Istana Kuning Pangkalan Bun, Kota Waringin Barat, pada Senin (10/10/2016). Dalam pembukaan FKN tersebut diawali dengan penampilan marching band, kemudian drama sejarah singkat Kesultanan Kutawaringin dan tari kolosal.

Festival Keraton Nusantara X diisi dengan kegiatan pawai atau kirab budaya dan prajurit keraton, pameran busana, pameran makanan khas dan pusaka keraton, pagelaran tari, seminar dan lain sebagainya. Acara dan kegiatan FKN X dipusatkan di empat lokasi yakni di areal Istana Kuning, Stadion Sampuraga, areal lahan Eks-rumah jabatan bupati (rujab), dan Universitas Antakusuma.

Selain itu, digelar pula seminar dan dialog budaya Festival Keraton Nusantara (FKN) X 2016. Kegiatan ini diadakan di Aula Universitas Antakusuma Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (11/10/2016). Seminar dan dialog Budaya tersebut yang dihadiri ratusan orang tersebut bertemakan "Peran dan Fungsi Keraton Nusantara dalam Menghadapi Tantangan zaman".

Acara tersebut dihadiri oleh raja, sultan, tokoh agama, tokoh masyakat, tenaga pengajar, pelajar, mahasiswa, perwakilan pemerintah daerah hingga masyarakat umum.  Di lokasi arena FKN X pun digelar kegiatan lomba untuk Taman Kanak-kanak (TK) dimana sekitar 150 anak-anak TK di Kota Pangkalan Bun mengikuti lomba mewarnai, fashion show, dan lomba menyanyi.

Cirebon Jadi Tuan Rumah FKN XI Tahun 2017
Dalam FKN X kali ini, Jawa Barat mengirimkan 4 keraton, yakni Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan, dan Kaprabonan. Keempat perwakilan tersebut memamerkan barang koleksi keraton dan kesultanan. Selain itu dalam pegelaran seni budaya menampilkan Tari Topeng Klana dan Tari Puteri Caruban Larang.

Adapun untuk FKN XI tahun depan, Cirebon akan menjadi tuan rumah. FKN XI di Cirebon tersebut rencananya akan diadakan pada 1-5 September 2016. Cirebon sendiri pada tahun 1997 pernah menjadi tuan rumah pelaksanaan FKN II.