Wisata Jabar

Situ Wulukut, Danau Ranu Kumbolo Versi Kabupaten Kuningan





Eksotisme danau Ranu Kumbolo di pegunungan Tengger, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menjadi salah satu wisata alam favorit di Tanah Air. Namun, kini Ranu Kumbolo sepertinya ada kembarannya di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Keindahan alamnya menggoda para petualang alam untuk mengunjungi destinasi wisata alam di Kecamatan Nuasherang, Kabupaten Kuningan ini.

Nama Situ Wulukut menjadi ngehits setelah para netizen banyak yang mengunggah tempat wisata ini di media sosial. Situ Wulukut sendiri dibangun pada tahun 2005 yang sebenarnya bukan diperuntukkan bagi tempat wisata, namun untuk mengantisipasi ketersediaan air.

Situ Wulukut yang berlokasi di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan menyajikan keindahan alam pegunungan yang cocok untuk bertualang di alam bebas sambil menjepret panorama di sekelilingnya. Adapun untuk akses ke Situ Wulukut berjarak kurang lebih 25 menit dari pusat kota.

Untuk ke tempat ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4. Adapun untuk kendaraan roda 4 hanya bisa dilalui sampai Bale Desa Kertayuga, kemudian untuk ke lokasi Situ Wulukut diakses dengan jalan kaki sekitar 500 m. Sementara bagi para pengguna motor disarankan untu jalan kaki ke lokasi danau dan menitipkan kendaraan di rumah warga setempat.

Maklum saja jika ingin membawa kendaraannya ke lokasi Situ Wulukut agar hati-hati jalan rusak dan licin disaat hujan. Pengunjung pun disarankan untuk membawa perbekalan. Di tempat wisata ini jarang pengunjungnya jadi tidak terdapat warung.