Wisata Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara di Purwakarta

Ada  objek  baru yang dipastikan akan menjadi salah  satu  magnet wisata baru di wilayah Jawa Barat.  Terletak di Kabupaten  Purwakarta,  tepatnya di kawasan Taman Sri Baduga Maharaja, Situ Buleud, magnet baru pariwisata ini bernama Air Mancur Sri Baduga.

Masyarakat Purwakarta boleh berbangga hati memiliki objek  wisata yang  dibangun  sejak  tahun 2013 ini. Apalagi,  Air  Mancur  Sri Baduga  disebut-sebut  sama  indahnya dengan Wings  of Time   di Singapura,  yang  juga  sama-sama merupakan  atraksi  wisata  air mancur.  Bahkan Air Mancur Sri Baduga diklaim sebagai air  mancur terbesar di Asia Tenggara.

Oleh  karena itu, warga negara Indonesia kini tak perlu  bersusah payah membuang tenaga, uang, dan waktu dengan melancong ke negeri orang demi melihat pertunjukan air mancur, toh di negeri  sendiri juga  ada, bahkan lebih spektakuler dan dipastikan  akan  menjadi spot untuk selfie yang paling trend dan populer.

Agar  maksimal menikmati sajian keindahan Air Mancur Sri  Baduga, pengunjung disarankan untuk datang pada malam hari. Dengan  siraman  cahaya  sinar laser warna-warni yang menawan,  alunan musik yang harmonis,  semburan dan permainan gerak air  setinggi  enam meter yang  tertata dalam jeda-jeda waktu yang  terjaga  secara presisi, menghadirkan sajian megah di tengah-tengah taman  seluas dua hektare itu.

Air  Mancur  Sri Baduga diresmikan oleh Bupati  Purwakarta,  Dedi Mulyadi,  Sabtu  (9/1/2016),   setelah melalui   tahapan-tahapan pembangunan selama kurang lebih tiga tahun. Peresmian ini merupakan yang kedua setelah yang pertama dilakukan pada 2014,  sekaligus  menandakan sudah siapnya air mancur ini untuk disajikan  dan dijagokan sebagai objek wisata andalan Purwakarta.

Pada  acara peresmian, keindahan atraksi air  mancur  dimeriahkan dengan pemutaran film dengan konsep aqua screen dan video animasi berupa semburan api.

Menurut Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, untuk membuktikan  bahwa  Air Mancur Sri Baduga yang terbesar di Asia Tenggara, ia  mempersilakan siapa pun datang untuk melihatnya sendiri dan membandingkannya  dengan  Wings of Time. Hal itu dikatakan  Dedi  menjelang peresmian Air Mancur Sri Baduga, Sabtu (9/1/2016).

Peresmian objek wisata baru ini tentu saja disambut antusias oleh masyarakat  Purwakarta dan sekitarnya. Secara bergelombang  sejak pukul 14.00 WIB, mereka datang ke kawasan Taman Sri Baduga,  Situ Buleud, Purwakarta, untuk menyaksikan diresmikannya  spot  wisata baru ini. Masyarakat rela menunggu berjam-jam sebelum  dipersilakan masuk oleh aparat keamanan dari Polri dan TNI yang  melakukan penjagaan secara ketat.

Rute dan Angkutan Umum ke Taman Air Mancur Sri Baduga/Situ Buleud
Sejak  ada Tol Cipularang, wilayah Purwakarta memang  bukan  lagi jalur  lintasan  favorit bagi orang-orang  dari  Jakarta  tujuan Bandung  ataupun sebaliknya. Akses yang lebih cepat  melalui tol membuat orang malas melakukan perjalanan yang lebih memakan waktu melalui  jalur lama ke Purwakarta. Namun setelah Air  Mancur  Sri Baduga  diresmikan,  Purwakarta kemungkinan  besar kembali  akan ramai.  Namun  bukan legi sebagai tempat  perlintasan,  melainkan sebagai  tujuan utama wisatawan yang hendak  menyaksikan  atraksi air mancur di kawasan Situ Buleud.

Untuk  mencapai  Air Mancur Sri Baduga, Anda  yang  berasal  dari Jakarta  bisa  menempuhnya melalui jalur  Tol  Jakarta-Cikampek kemudian  ke  Tol Cipularang dan keluar di pintu  Tol Jatiluhur, melalui Jalan Ciganea, Jalan Basuki Rahmat. Situ Buleud  terletak di antara Jalan Siliwangi dan Jalan K.K. Singawinata.

Jika  memakai  angkutan  umum, dari Jakarta bisa  naik  bus  dari Terminal Kampung Rambutan-Purwakarta dan turun di Terminal  Ciganea. Lalu dilanjutkan dengan naik angkot 04 rute Ciganea-Simpang, dan  turun di Jl. K.K. Singawinata. Sementara   bila  menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir, naik KA Argo Parahyangan turun di Stasiun  Purwakarta,  lalu naik angkot 02 dan turun di  Jl.  K.K. Singawinata.

Bagi  Anda  yang  berasal dari Bandung,  menuju  Purwakarta  bisa melalui Tol Cipularang dan keluar di pintu Tol Jatiluhur.  Dilanjut melalui Jl. Ciganea, Jl. Basuki Rahmat, Jl. K.K. Singawinata.

Bila naik angkutan umum, naik bus Primajasa dari Terminal  Leuwipanjang rute Bandung-Bekasi, kemudian turun di Ciganea, dilanjut  kan dengan naik angkot 04.

© Copyright 2017 Wisata Jabar