Wisata Jabar

Paralayang, Kenikmatan "Terbang" di Atas Kehijauan Puncak




Saat masih bocah, sebagian dari kita tentu pernah punya keinginan menjadi Superman, si manusia baja rekaan DC Comics, yang mampu terbang ke mana pun sekehendak hati. Kini setelah dewasa, sebagian dari kita telah menyimpan impian itu dalam-dalam dan menguncinya rapat-rapat dalam batin kita sebagai harapan naif dari seorang bocah yang hanya jadi bagian dari masa lalu.

Akan tetapi, ternyata impian untuk terbang itu sebaiknya tidak dikubur dalam-dalam sampai hilang karena Anda ternyata masih punya kesempatan mewujudkan impian untuk melayang bebas di angkasa bak burung elang. Anda memang tidak bisa sesakti Superman yang bisa terbang ke setiap penjuru dunia, tetapi tetaplah kesempatan bisa melepaskan diri dari gaya gravitasi walaupun sebentar akan sangat berkesan dan menantang adrenalin kita.

Gunung Mas, Bukit Gantole
Kawasan Gunung Mas atau yang lebih dikenal dengan Bukit Gantole, Puncak, akan menjadi tempat Anda untuk mewujudkan impian terbang, yaitu dengan melakukan paralayang (Inggris: paraglaiding). Di Indonesia, induk organisasi olahraga ini adalah Persatuan Layang Gantung Indonesia (PLGI) yang berada di bawah Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Dengan memakai parasut dan sepenuhnya memanfaatkan embusan angin, Anda akan merasakan sensasi luar biasa lepas landas dari gunung yang letaknya tidak jauh dari Masjid At-Ta'awun ini. Jangan khawatir, dalam kegiatan ini Anda akan melakukan terbang tandem ditemani instruktur paralayang yang berpengalaman dan sudah memiliki banyak jam terbang.

Rute Menuju Wisata Paralayang Gunung Mas
Untuk mencapai area tempat paralayang yang berada di kawasan agrowisata Gunung Mas bisa ditempuh dari Bandung masuk ke Tol Cipularang, lalu keluar dari gerbang Tol Padalarang, terus menuju Cianjur, dan akhirnya sampai di Jl. Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak. Sementara bila memakai kendaraan umum, Anda bisa naik bus jurusan Bandung-Bogor via Puncak dari Terminal Leuwipanjang.

Rute Jakarta-Puncak
Anda yang berasal dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui Tol Jagorawi lalu ke Cisarua, dan akhirnya sampai di Puncak. Sementara bila naik angkutan umum, dari Terminal Kampung Rambutan, Anda naik bus Marita jurusan Cianjur via Puncak. Atau naik bus Karunia Bakti kelas ekonomi non-AC jurusan Garut via Puncak-Cianjur.

Tarif
Tiba di Gunung Mas atau di Bukit Gantole, belilah tiket masuk Rp 13.000 per orang (sudah termasuk asuransi), sedangkan yang membawa mobil dikenai tarif tambahan Rp 5.000 dan motor Rp 2.000. Sebelum terbang, semua calon peserta harus mendaftar di tempat yang disediakan, dan membayar biaya untuk terbang sebesar Rp 350.000/orang dan Rp 400.000 untuk warga negara asing.Sebelum melakukan terbang paralayang, para peserta akan mendapat briefing mengenai cara dan prosedur melakukan paragliding dan segala hal mengenai olahraga ini.

Paralayang bisa diikuti setiap orang yang sehat jasmani dan rohani, tidak mengidap penyakit jantung, dan epilepsi. Berat badan peserta antara 20-85 kg, dan peserta yang berusia kurang dari 18 tahun harus mendapat izin dari orangtua.

Paralayang barus bisa dilakukan bila sedang tidak hujan dengan kecepatan angin antara 0-20 km/jam. Setelah selesai dengan administrasi, kita pun diminta untuk memakai perlengkapan terbang seperti helm, parasut berikut flight suit. Ketika giliran kita sudah tiba dan kecepatan angin mendukung, Anda pun bisa memenuhi impian masa kecil melayang bebas di angkasa, di atas Puncak yang terkenal hijau permai.

Selama sekitar sepuluh menit Anda akan melayang-layang, sebelum kemudian landing di tempat pendaratan di tengah hamparan kebun teh. Setelah yang pertama, dijamin Anda akan ketagihan untuk kembali merasakan kenikmatan paralayang. Selamat mencoba!

Wisata Paralayang Gunung Mas
Alamat : Jl. Raya Puncak, Km 87, Bukit Paralayang, Puncak, Bogor
Telepon: 021-87952963