Wisata Jabar

Lokasi, Rute, Fasilitas, dan Tarif Wisata ke Rumah Hobbit Farmhouse Lembang




Tempat ini namanya melejit menjadi destinasi wisata di Bandung paling trending. Apalagi pada liburan akhir tahun 2015 kemarin, tempat ini menjadi "biang" kemacetan di Kota Bandung. Bayangkan saja, kendaraan sampai merayap dari arah Jln. Setiabudhi (Ledeng) sampai ke area tempat ini. Maka, petugas pun dibuat sibuk mengatur lalu lintas. Malah, area parkir pun tak luput dari perhatian petugas.

Maklum saja kendaraan yang lama mengantre juga area parkir yang dijejali kendaraan turut menyumbang pada kemacetan parah saat liburan di penghujung tahun tersebut. Tempat wisata dengan konsep pedesaan ala Eropa ini berhasil menjadi magnet wisata paling favorit di Bandung utara. Pengunjung ke tempat ini berasal dari luar Bandung juga urang Bandung sendiri. Trending topic Rumah Hobbit di media sosial menjadi alasan orang berbondong-bondong ke tempat ini.

Lokasi dan Rute Menuju Rumah Hobbit Farmhouse Lembang
Lokasinya memang strategis yakni terletak di Jalan Raya Lembang no. 108. Letaknya persis di sebelah kanan arah ke Lembang. Jika dari arah Jalan Setiabudhi (Ledeng)/Kampus UPI terus saja ke arah Jalan Raya Lembang. Dari Saung Pengkolan yang biasa ada bus Persib nangkring, sudah dekat tinggal ke atas sedikit. Di sepanjang jalan sebelum pusat Lembang ini banyak penjual kelinci. Cirinya memang ada di atas jalan. Namun terlihat dengan adanya tulisan "Farmhouse Susu Lembang" dengan hiasan akar-akar kering. Anda tinggal masuk ke dalam dan menikmati aneka fasilitas wisata yang ada di sana.

Berikut ini rute lengkapnya:
1. Wisatawan dari Jakarta dan membawa mobil pribadi, bisa melalui Tol Cipularang dan keluar dari gerbang Tol Pasteur, lalu belok menuju Jln. Sukajadi terus ke Jln. Dr. Setiabudhi, terus ke atas melewati kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ikuti jalan menuju arah Lembang. Hanya beberapa kilometer dari sini.
2. Sementara bila memakai jasa angkutan kereta api dari Jakarta, Anda bisa turun di Stasiun Bandung dan naik angkutan umum Stasiun - Lembang atau Ciroyom - Lembang.
3. Jika dari Teminal Leuwipanjang, naik saja bus kota ke Terminal Ledeng. Dari seberang Terminal Ledeng naik angkot ke arah Lembang yang hanya beberapa menit perjalanan.
4. Jika dari Terminal Cicaheum, naik angkot jurusan Cicaheum - Ledeng. Dari seberang Terminal Ledeng naik angkot jurusan ke Lembang.

Spot untuk Selfie Paling Trending di Farmhouse Lembang Lokasi wisata di Lembang ini laris manis jadi tempat selfie para pengunjung. Pengunjung kebanyakan memilih spot-spot ini untuk mengambil gambar. Apa saja tempat buat selfie yang menarik di tempat ini? Berikut ini informasinya:

1. Rumah Hobbit
Inilah lokasi utama yang membuat pengunjung rela antre demi cekrak-cekrek foto HP alias selfie dan wefi. Jika selama ini rumah Hobbit hanya bisa dilihat di lokasi shooting film "The Lord of The Rings" di Selandia Baru sana, di Farmhouse pun kini ada Rumah Hobbit.

2. Rumah Gaya Eropa Salah satu tempat yang jadi favorit adalah bangunan unik bergaya Eropa klasik. Bangunan yang mirip Villa Cukul ini punya "kembaran" di Pangalengan. Dengan gaya desain Eropa klasik Rumah kayu yang hadir di tempat ini sangat indah dan terkesan oldies, serta cocok bagi pengunjung yang berburu foto dengan pemandangan klasik.

3. Kafe
Selain tempat untuk berburu kuliner, kafe di sini pun sangat cocok buat foto-foto. Kafe di sini bergaya klasik dan oldies. Letaknya sangat unik, ada yang berada di dalam ruangan, outdoor atau kebun, dan bahkan ada yang berada di roof top dengan pemandangan yang indah.

4. Air Terjun Mini
Lokasinya dari pintu masuk lurus ke arah tempat penukaran susu. Tengok ke sebelah kiri, akan ada semacam curug alias air terjun buatan kecil. Pada permukaan air di bagian bawah terdapat beberapa batu yang dapat dipijak, naiklah ke salah satu batunya untuk mendapat spot terbaik.

5. Spot Berfoto dengan Aneka Hewan
Pengunjung bisa berfoto sekaligus berinteraksi dengan kelinci, Iguana, anak landak, biri-biri, burung, sapi, kudu dan sugar glyder. Tak heran jika tempat ini pun sangat cocok bagi Anda yang membawa si buah hati.

6.  Berfoto dengan Kostum Gaya Eropa
Anda bisa berfoto ala Eropa dengan menggunakan peralatan dan kostum yang disediakan (kuris, payung, pakaian, topi). Untuk berfoto di sini, dari persimpangan air terjun mini, ambil jalur atas. Naiklah ke ruang sewa kostum. Jika mau, sewalah kostum Eropa klasik di sini seharga Rp 50.000 untuk 2 jam. Sebelum turun untuk mencari spot foto dengan kostum, sempatkan mampir ke halaman belakang ruang sewa. Ada semacam set mini yang sudah disediakan untuk uji coba kostum. Pilih satu sisi dengan latar rumah Eropa klasik.

Fasilitas yang ditawarkan oleh wisata alam Farmhouse Susu Lembang ini terbilang lengkap dan terjangkau oleh pengunjung. Mulai dari tempat penjualan oleh-oleh dan souvenir, alun-alun mini, gedung serbaguna, cafe indoor, maupun outdoor, bar, mushola, toilet, hingga sungai gembok cinta.

Tiket Masuk Farmhouse Susu Lembang
Pengunjung cukup membayar dengan harga 20.000 rupiah. Tiket masuk tersebut bisa ditukarkan dengan welcome drink susu murni dengan berbagai rasa yang bisa kita pilih sendiri. Tiket tambahannya adalah untuk motor dihargai 5.000 rupiah, sedangkan untuk mobil 10.000 rupiah. Wisata yang murah meriah bukan? Namun untuk wisata sambil bereksis ria rasanya bikin pengunjung puas.

Jam Operasional
Tempat wisata alam ala Eropa di Farmhouse Susu Lembang ini buka setiap hari. Mulai pukul 08.00 - 21.00 WIB.

Rumah Hobibt, Farmhouse Susu Lembang
Jln. Raya Lembang Nomor 108, Cihideung Kabupaten Bandung Barat
Telepon: 022-82782400
Jam Operasional: pukul 09.00 - 21.00 WIB

Harga Tiket Masuk
Rp 20.000  per orang (dapat ditukar dengan susu murni dan sosis bakar)
Parkir: - Rp. 5.000/unit motor
- Rp 10.000/unit mobil (Tiket dan parkir sewaktu-waktu bisa berubah)