Wisata Jabar

Mengenal Nama-Nama Warna dalam Bahasa Sunda

share to whatsapp



Mengenal Warna dalam Bahasa Sunda

Bahasa Sunda memiliki 5 kosakata warna dasar, yaitu beureum (merah), bodas (putih), hideung (hitam), konéng  (kuning), dan  héjo (hijau). Pada  dasarnya warna-warna tersebut berasal  dari warna tumbuhan atau buah-buah. Dalam bahasa Indonesia, kosakata warna dasar ada 6 dengan klasifikasi, yaitu putih, hitam, merah, kuning, hijau, dan biru.

Bahasa Sunda awalnya  tidak mengenal warna “biru”. Adapun penggunaan leksikon ‘bulao’ untuk biru lebih mengacu pada benda/kapur untuk membersihkan baju. Jika disandingkan dengan biru dalam bahasa Indonesia yang mengacu pada langit, leksikon yang muncul dalam bahasa Sunda adalah paul. Leksikon “paul” dan  “bulao” dalam  bahasa Sunda memiliki kesamaan referen dengan “biru” dalam bahasa  Indonesia walaupun acuan dan gradasi warnanya berbeda.

Ada satu leksikon lagi yang memiliki perbedaan kegunaan namun memiliki  acuan yang sama, yaitu  air “putih” yang dalam  bahasa Sunda sering disebut “cai hérang”. Penggunaan leksikon “putih” dan “hérang” untuk menerangkan jenis air memiliki acuan yang sama, yaitu air yang tidak berwarna.

Hal ini sangat berbeda dengan makna putih dalam bahasa Indonesia yang mengacu pada warna  kapas.  Namun “air  putih” ini  dapat bermakna air yang  tidak berwarna dengan acuan leksikon “putih” yang tidak berwarna. Sementara itu, leksikon “hérang” dalam bahasa Sunda memiliki makna tidak  berwarna atau berpadanan dengan “bening/jernih”.

Konsep dalam bahasa Sunda Konsep dalam bahasa Indonesia

1. Hideung leutak, hideung taneuh
Hideung leutak =  lumpur  (hitam  lumpur), Hideung taneuh = tanah (coklat tanah)

2. Bodas endog, bodas tulang 
Bodas endog = telor (putih telur), Bodas tulang = tulang (putih tulang)

3. Beureum  ati,  beureum  getih, beureum  cabé,  beureum  céngék, beureum  hui,  beureum  jambu, beureum bata
Beureum ati  =  hati/liver  (merah  tua),  Beureum getih  =  darah (merah  darah),  Beureum céngék  =  cabe  rawit  merah, Beureum hui = merah ubi, Beureum bata = batu bata

4. Héjo  endog  meri,  héjo  tai  kuda, héjo  apel, héjo  daun, héjo  jukut, héjo  lumut,  héjo  mélon,  héjo pucuk cau, héjo botol, hejo ABRI

Héjo endog  meri  =  hijau  telor  bebek,  Héjo tai  kuda  = hijau  kotoran kuda, Héjo apel  = hijau  apel lokal, Héjo jukut  =  hijau  rumput,  Héjo pucuk  cau  =  hijau pucuk  daun  pisang,  Héjo ABRI =  hijau  seragam tentara/TNI

5. Konéng  gading, konéng  geutah  mangu, konéng gedang asak
Konéng gading  =  kuning  gading  gajah/binatang bertanduk,  Konéng geutah  mangu  =  kuning  getah manggis, Konéng gedang asak  = warna buah  pepaya yang sudah matang (oranye)


share to whatsapp