Wisata Jabar

Lokasi dan Rute Menuju Curug Cikaso, Sukabumi




Tak terhitung jumlah objek wisata air terjun di negeri ini--khususnya di jawa Barat--dari yang relatif kecil hingga yang terbesar. Masing-masing memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Banyak dari spot wisata alam ini yang sudah terkenal dan dikelola dengan baik oleh pemerintah maupun secara swadaya oleh masyarakat setempat, namun banyak pula yang masih belum dikenal dan belum tersentuh pengelolaan. Meski demikian, para penggila wisata air terjun selalu rela menempuh perjalanan jauh dan menaklukkan medan yang sulit untuk menyaksikan sepotong keindahan ciptaan Tuhan itu.

Salah satu objek wisata air terjun alias curug yang pantas dikunjungi adalah Curug Cikaso yang berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Curug yang disebut juga dengan nama Curug luhur ini memiliki tiga titik curahan air terjun, yang masing-masing bernama Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Dengan ketinggian sekitar 80 meter dan lebar 100 meter, curug yang airnya bermuara ke Muara Tegalbuleud, Kab. Sukabumi ini menyajikan pertunjukan keindahan alam melalui limpahan tiga air terjun di tengah rimbunan pepohonan hijau nan asri. Air curug ini melimpah tercurah ke dalam kolam berwarna turqoise (biru kehijauan) di bawahnya, menghasilkan tempias dan kabut air yang terasa sejuk menyegarkan.

Titik-titik airnya menempel di dedaunan sekitarnya di antara gemuruhnya yang menghasilkan musik alam yang harmonis dengan keadaan di sekitarnya. Melihat keindahan air terjun ini, tentunya kita akan bertanya-tanya untuk apa kita jauh-jauh pergi ke luar negeri kalau negeri sendiri saja memiliki banyak "surga" untuk dikunjungi.

Curug ini memang terlihat lebih indah untuk dinikmati saat debit air sedang besar karena air yang tercurah lebih deras dan gemuruhnya lebih dahsyat. Namun, pengunjung yang tergoda untuk berenang harus hati-hati karena kolamnya cukup dalam, sekitar 15 meter, dan ada pusaran di bawah air yang cukup kuat. Mintalah pendapat penjaga curug ini bagian mana saja yang cukup aman untuk berenang.

Air terjun ini sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 32 kilometer dari Ujung Genteng, sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi, dan sekitar 70 kilometer dari Palabuhanratu. Apabila kita akan mengunjungi tempat ini dari Kota Sukabumi, maka jalan menuju Curug Cikaso searah dengan jalur menuju Pantai Ujunggenteng. Dari Sukabumi menuju Jampang Kulon lalu dilanjutkan ke arah Surade.

Nah, sebelum sampai ke Surade, Anda berbelok di pertigaan dan memasuki Jalan Cikaso. Kondisi jalan menuju air terjun ini cukup menantang, sehingga sebelum menuju ke Curug Cikaso pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan laik jalan, karena banyaknya badan jalan yang rusak serta medannya cukup berat, seperti tanjakan, turunan curam, dan tikungan.

Setelah memarkirkan kendaraan Anda di tempat parkir khusus wisatawan, ada dua opsi yang bisa Anda pilih; melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh lebih kurang satu kilometer, atau dengan menyewa perahu melalui jalur sungai dengan tarif Rp 60.000/perahu dengan kapasitas sepuluh orang. Apabila Anda menyewa pemandu, biayanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000.

Cerita Mistis Curug Cikaso
Seperti kebanyakan tempat-tempat wisata lainnya, selalu ada cerita yang berbau klenik di belakangnya. Demikian pula dengan Curug Cikaso yang katanya memiliki "penunggunya". Konon Curug Cikaso menjadi tempat bersemayam Nyai Blorong (penunggu Curug Aseupan), Eyang Santang (penunggu Curug Meong), dan Prabu Siliwangi (penunggu Curug Aki).

Karena itu, para pengunjung selalu diingatkan untuk selalu berhati-hati, apalagi saat berenang, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dikabarkan beberapa pengunjung pernah melihat penampakan di tempat ini. Hal ini tentu saja tergantung pada Anda untuk mempercayai hal ini atau tidak. Yang pasti, kita tetap perlu waspada dan hati-hati dengan mengikuti setiap imbauan dan peringatan penjaga tempat wisata yang kita kunjungi.

Harga Tiket masuk Curug Cikaso Sukabumi
- Mobil Rp 27.000/per mobil + uang parkir Rp 6.000
- Pejalan kaki Rp 3.000 per orang
- Biaya kebersihan Rp 2.000/ orang

Sewa lainnya
- Sewaan Perahu Rp 60.000/perahu kapasitas 10 penumpang
- Toilet Rp 2.000