Wisata Alam Curug Leuwi Hejo, Bogor

Bogor merupakan daerah di Jawa Barat yang memiliki kekayaan alam yang sangat beraneka ragam. Pesona alam yang ada sangatlah indah dan sangat layak untuk dikunjungi setiap destinasi wisatanya, mulai dari daerah Puncak sampai Sentul. Salah satu kawasan wisata alam yang ramai diperbincangkan saat ini adalah Wisata Alam Curug Leuwi Hejo Babakan Madang.

Curug Leuwi Hejo berada di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Curug Bengkok Leuwi Hejo ini memang belum menjadi destinasi wisata yang resmi dikelola oleh pemerintah daerah. Karena lokasi wisata tersebut relatif baru dan belum banyak diketahui oleh para pengunjung ataupun wisatawan. Namun demikian namanya kian ramai dibicarakan, berkat pembahasan di beberapa forum komunitas wisata di internet.

Curug Leuwi Hejo yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat bernama Curug Bengkok adalah sebuah air terjun mini yang  memiliki air yang sangat jernih kehijau-hijauan dan. Sebenarnya nama aliran sungai tersebut adalah sungai Cileungsi. Dari sinilah awal mula sungai Cileungsi berasal. Curug Bengkok dinamakan demikian karena air yang terjun dari bebatuannya tidak lurus yang bagi masyarakat setempat dinamakan Bengkok. Bengkok adalah bahasa sunda yang diartikan sebagai tidak lurus.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, Anda dapat menempuh beberapa alternatif jalan menuju lokasi ini. Anda bisa melalui Sentul City atau Citeureup Bogor.

Melalui Sentul City, Babakan Madang
Dari Jagorawi, Exit Tol Sentul City. Belok kiri ke arah Sentul City, Giant, Jungle Land. Setelah Giant Ada jalan turun ke bawah menuju arah pertigaan Rainbow Hills Golf dan Polsek Babakan Madang, Sate PSK, SLDC. Ambil Kiri ke arah Polsek Babakan Madang. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang. Belok Kanan ke arah Gunung Pancar.

Lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah. Jangan masuk ke kanan, ke arah Pemandian Air Panas Gunung Pancar, tapi belok kiri ke arah Desa Karang Tengah. Ikutin terus jalan tersebut sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong. Posisi sebelah kanan jalan. Harap berhati-hati karena kondisi jalan rusak parah dan terjal sehingga dapat memicu adrenalin Anda.

Melalui Pasir Mukti, Kecamatan Citeureup
Dari tol Jagorawi, exit tol Sirkuit Sentul. Belok kiri dan putar arah menuju Desa Leuwi Nutug, Bukit Hambalang, Kecamatan Citeureup. Lurus terus melewati Pom Bensin Leuwi Nutug sampai bertemu pertigaan Kecamatan Citeureup dan Jalan Tengsaw. Belok kanan ke arah Jalan Tengsaw, Indokordsa. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Desa Babakan dan Desa Pasir Mukti. Belok kanan ke arah Kebun Wisata Pasirmukti.

Sesampainya di Kebun Wisata Pasirmukti lurus terus menuju Kecamatan Sukamakmur sampai bertemu Desa Cibadak, Kec. Sukamakmur dan pertigaan Jonggol, Cianjur dan Desa Karang Tengah. Belok Kanan ke arah Desa Karang Tengah sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong. Posisi sebelah kiri jalan. Kondisi jalan melalui Kecamatan Citeureup dan Sukamakmur lebih baik jika dibandingkan dengan melalui jalan Gunung Pancar, Babakan Madang.

Sebelum masuk ke area wisata ini, anda haruslah membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,-. Melihat banyaknya lonjakan pengunjung menuju lokasi Wisata Alam Curug Hejo ini, masyarakat berinisiatif memperbaiki akses jalan yang menuju Curug tersebut agar pengujung nyaman ketika berkunjung walaupun masih berbentuk tanah merah.

Apabila pengunjung  ingin melihat Curug Leuwi Hejo, sebaiknya tidak datang berombongan, karena kawasan obyek wisatanya  tidak terlalu besar. Hanya mampu menampung sekitar 6 sampai 8 orang saja. Selain itu pengunjung  juga harus ekstra hati – hati, terutama dengan perubahan cuaca. Sebaiknya datang di pagi hari dan pulang di bawah pukul 14.00, karena bila terlalu sore biasanya lokasi curug sering diguyur hujan. Akibatnya jalanan menjadi licin.