Kampung Buricak Burinong Hadirkan Fasilitas dari Paralayang, Masjid Al-Kamil, Hingga Menara Kujang Sapasang



Seperti diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kehadiran Jalan Tol Cisumdawu ke depannya bakalan jadi pendukung akses majunya sektor wisata Sumedang. Untuk itu, pihak Pemkab Sumedang kolaborasi dengan Pemprov Jawa Barat menggenjot pengembangan wisata daerah di tetangga Bandung tersebut.

Salah satunya yang baru diresmikan oleh Ridwan Kamil adalah Kawasan Wisata Kampung Buricak Burinong Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja. Kawasan wisata ini diresmikan Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Selasa (26/4/2022). Peresmian ini sebagai upaya agar Sumedang memiliki destinasi wisata yang representatif di kawasan Jatigede.

Tempat wisata kampung dengan ciri khas rumah-rumah penduduk yang dicat warna-warni mencolok tersebut kini tampilannya lebih kalinglap alias menarik perhatian mata sekaligus instagramable banget, yakni dengan hadirnya forest walk, tempat kuliner, spot selfie, take off dan landing paralayang. Penamaan Kampung Buricak Burinong sendiri diprakarsai oleh Paguyuban Motekar beserta Garuda Institute, coretan Sumedang, inimah Sumedang, serta pihak terkait lainnya.

Menurut keterangan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, untuk pembangunan forest walk, anggaran yang digunakan sebesar Rp 3 miliar dari provinsi, area kuliner Rp 4 miliar dan tempat landing paralayang Rp 1,9 miliar.

Untuk area take off paralayang dibantu dari anggaran Pemprov Jabar yang terbagi dalam dua tahapan, dimana masing masing tahapan nilainya sebesar Rp 4 miliar. Tahap pertama Rp. 4 miliar dan tahap kedua Rp. 4 miliar lebih. Fasilitasnya ada tempat kuliner, kemudian Geotheater  di bawah dan ada take off-nya.

Selain itu, ada juga ikon lain di kawasan wisata Waduk Jatigede ini, yakni Masjid Al-Kamil yang sudah selesai dan Menara Kujang Sapasang yang akhir tahun akan selesai.

Kampung Buricak Burinong diciptakan untuk mengikuti trend dunia seperti berselfie,wisata backpaker, serta wisata alam dan budaya. Sudah beroperasinya Bendungan Jatigede, keberadaan jalan tol Cisumdawu, dan Bandara Kertajati dinilai akan menjadikan Sumedang sebagai kota yang dijadikan pilihan masyarakat untuk berpariwisata.


----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS