Wisata Pantai Pangandaran Dibuka Kembali Selasa 18 Mei 2021


Buntut membeludaknya pengunjung wisatawan di Pantai Pangandaran, utamanya di Pantai Baturkaras langsung mendapat reaksi dari Satgas Covid-19 juga pihak terkait. Hal ini terjadi saat liburan Idul Fitri kemarin dimana wisatawan terlihat menyemut dan mengabaikan protokol kesehatan. Adapun  yang melatarbelakangi penutupan sementara seluruh objek wisata di Pangandaran karena viralnya video kerumunan orang tanpa masker di Pantai Batukaras. 

Gubernur Jawa Barat pun langsung turun tangan. Kang Emil menginstruksikan akses menuju objek wisata di Pangandaran dan Ciwidey ditutup. Destinasi wisata diperkirakan akan banyak dikunjungi masyarakat seiring dengan kebijakan pelarangan mudik. Penutupan akan dilakukan terhitung Minggu (16/05/2021) pukul 00.00 WIB dini hari. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dedi Taufik menggatakan, dari hasil rapat koordinasi dengan Disparbud Pangandaran akan dilakukan penyekatan di kawasan Kalipucang dan gerbang Pangandaran.

Dan pada Selasa (18/05/2021) objek wisata Pantai Batukaras tersebut akan mulai dibuka kembali. Keputusan itu diungkapkan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata usai menggelar pertemuan dengan seluruh pelaku usaha di pantai Batukaras Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Senin (17/5/2021).

Pembukaan ini dengan syarat dan ketentuan yang ketat. Dimana pengelola wajib memenuhi syarat mematuhi beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh seluruh pengunjung dan masyarakat setempat. Diantaranya, masyarakat selalu menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. 

Sebagai komitmen pelaku usaha wisata Pemkab Pangandaran akan meminta kesediaan masyarakat menandatangani kesepakatan untuk dijadikan bahan Pemerintah Daerah ke Gubernur Jawa Barat.Bupati Pangandaran Jeje Wiriadinata menegaskan, pengelola hotel dan restoran juga pedagang untuk bersama-sama menegur pengunjung yang tidak menggunakan masker. Pantauan lapangan, nampak pelaku usaha wisata yang hadir terlihat gembira atas rencana tersebut. (Sumber foto: IG @mypangandaran)