PPKM di Garut Diperpanjang Sampai 8 Februari 2021, Namun Tempat Wisata Boleh Buka dengan Syarat


Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Garut resmi diperpanjang sampai 8 Februari 2021. Namun, beberapa kebijakan diubah Pemkab Garut dalam PPKM jilid kedua ini. Dalam perpanjangan PPKM yang diberlakukan mulai Selasa (26/1/2021), ada sejumlah aturan yang diuba, salah satunya menyangkut operasional tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Perpanjangan PPKM dilakukan, karena angka penularan Covid-19 tidak menunjukan penurunan.

Pada PPKM kali ini, ada pelonggaran pembukaan tempat wisata. Sebelumnya, pada PPKM pertama tempat-tempat wisata di Garut ditutup total. Di PPKM sekarang, para pelancong kini boleh datang kembali ke Garut untuk berwisata.

Namun, ada sejumlah persyaratan yang wajib dipatuhi para wisatawan maupun pengelola wisata. Diantaranya, wisatawan yang ada dalam satu waktu itu maksimal hanya 25 persen. Selain tempat wisata, dalam masa perpanjangan PPKM Pemda Garut juga memperbolehkan toko untuk buka sampai pukul 8 malam. Sebelumnya kan hanya sampai jam 7, sekarang jam 8. Dan kafe-kafe di Garut pun dipersilakan buka 24 jam tapi take away. Jangan ada yang berkerumun.

Sebelumnya, terkait penerapan disiplin PPKN di Kab. Garut, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Garut menyegel tiga tempat wisata di Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat sampai 25 Januari 2021.Penyegelan karena tempat wisata melanggar protokol kesehatan saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk mencegah penularan Covid-19.

Tiga tempat wisata kolam renang yang dilarang beroperasi yakni Antralina Garut, Tirta Kencana Garut, dan satu tempat wisata milik pemerintah daerah yang saat ini pengelolaannya oleh swasta yakni Cipanas Indah Garut.

Ketiga tempat wisata itu sudah diberi peringatan agar tidak beroperasi selama PPKM untuk mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19, namun tetap melanggar hingga akhirnya disegel. Ketiga tempat wisata tersebut bukanya sampai malam hari, secara aturan PSBB proporsional seharusnya kolam renang tidak dibuka, apalagi sampai malam hari