Pantai Karang Tirta, Destinasi Wisata Unggulan yang Akan Dipoles Pemkab Pangandaran


Pantai Karang Tirta di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih diproyeksikan akan jadi tempat wisata unggulan oleh Pemkab Pangandaran pada 2022 nanti. Hal ini dengan akan dilakukan pembenahan terhadap kawasan wisata alam di dekat Pantai Pangandaran ini. Selama ini, tempat wisata Pantai Karang Tirta memang belum dipoles secara maksimal oleh Pemkab Pangandaran. Dimana tampilan dan fasilitasnya pun baru seadanya saja.

Namun, sebenarnya tempat wisata ini jadi salah satu destinasi yang jadi primadona bagi wisatawan lokal. Kalau akhir pekan, Pantai Karang Tirta biasa jadi tempat ngabotram para pelancong lokal. Apalagi dulu saat masih masuk wilayah Kab. Ciamis, area Pantai Karang Tirta biasa dijadikan tempat lokasi shooting film. Jarak dari jalan utama menuju lokasi hanya kurang dari 1 kilometer. Akses jalannya sudah bagus.

Lokasi Pantai Karang Tirta sendiri sebenarnya tak jauh dari Pantai Pangandaran yang bisa dijangkau sekitar 15 menit dari Pantai Pangandaran atau berjarak sekitar 7 km. Wisata di pantai Pangandaran termasuk salah satu pantai yang mempunyai arus pantai yang tenang, sehingga Anda dapat menikmati keindahan panorama laut dengan syahdu. Karena airnya yang tenang, sehingga aman jika ingin berenang di sini untuk menjadikan liburan Anda lebih seru dan asik.

Saat ini, wisata Karang Tirta Pangandaran dikelola oleh Pemdes setempat melalui BUMDes. Sedangkan di lokasi tersebut terdapat muara Sungai Citinjong. Menurut Bupati pangandaran H. Jeje Wiradinata, destinasi karangtirta akan dijadikan salahsatu destinasi unggulan di Kabupaten Pangandaran. Hal ini disampaikan Bupati saat penanaman mangrove di pesisir Pantai Karangtirta, Minggu,10/1/2021.

Bupati pun menyampaikan Destinasi Pantai Karangtirta akan dikembangkan dengan berbagai penunjang sehingga lebih menarik. 

“Ada dua yang kita kembangkan yaitu wisata karangtirta dengan kondisi alamnya, seperti laguna, jodang dan sebagainya. Kita akan tata, akan kita desain, kita akan rubah wajahnya ini menjadi wajah yang menarik, ada rest area, ada pusat kegiatan, kita akan keruk lagunanya, lampunya dan sebagainya”, kata Bupati.

Yang kedua sebagai daerah pembibitan dengan adanya mangrove spesies ikan, udang dan sebagainya akan tinggal di sini. Bupati pun berharap tahun 2022 Karang Tirta sudah menjadi tujuan destinasi wisata di Pangandaran.

Beberapa daya tarik wisata Karang Tirta lainnya adalah sebagai spot untuk memancing ikan, naik perahu, area camping, Pantai ini dilengkapi dengan bilik khusus bilas, toilet umum, mushola dan tempat parkir yang luas. Bagi yang ingin bersantai juga disediakan deretan tempat duduk dan gazebo. Selain itu, pecinta kuliner akan dimanjakan dengan banyaknya warung makan dan restoran yang menyajikan berbagai olahan seafood, makanan khas seperti pindang gunung serta minuman segar.

Spot lain yang jadi daya tarik adalah hamparan laguna di Karang Tirta. Wisatawan bisa melihat dari ujung timur hingga ke barat. Bahkan traveler bisa menaiki perahu mengarungi laguna itu.