Wisata Jabar

Lagi Viral di Majalengka: Tugu Bola Dunia Sampai Trotoar Ala Malioboro



Gebrakan muncul dari Kabupaten Majalengka dimana penataan kawasan perkotaan kini lebih instagramable. Salah satu yang sedang jadi bahan perbincangan netizen adalah hadirnya tugu bola dunia yang mirip dengan logo Universal Studio. Kehadiran tugu bola dunia ini pun menuai reaksi positif dari masyarakat. Diantaranya tak sedikit yang berswafoto dengan latar ikon baru Majalengka tersebut.

Ide awal pembuatan Tugu Bola Dunia saat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkunjung ke Kabupaten Majalengka. Saat melihat tugu ikan di Bunderan Munjul, Kang Emil menanyakan maksud dari tugu itu. Kang Emil pun mengusulkan agar tugu ikan patin yang ada tersebut tidak terlalu mainstream alias lebih instagenik biar lebih menawan di mata wisatawan.

Akhirnya, Pemkab Majalengka pun mengubah tugu ikan menjadi tugu Bola Dunia yang saat ini sudah memasuki penyelesaian tahap akhir. Keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati digadang-gadang menjadi inspirasi untuk pengganti ikan itu. Adapun makna
dari tugu bola dunia tersebut yaitu "saatnya Majalengka Mendunia." Maklum saja, Majalengka punya potensi wisata luar biasa ke depannya dengan kehadiran akses transportasi udara di BIJB.

Tugu bola dunia tersebut diresmikan pada akhir tahun, tepatnya pada Selasa, 31 Desember 2019. embuatan tugu Bola Dunia itu telah menghabiskan dana sekitar Rp 5 miliar. Anggaran tersebut sudah termasuk untuk pembuatan taman di sekitar bundaran.

Selain tugu bola dunia, Majalengka pun kini punya wisata area publik yang lagi ngehits. Adalah trotoar di Pasar Kadipaten  yang lebih nyaman bagi wisatawan. Trotoar sepanjang sekitar 150 meteran tersebut dilengkapi tempat duduk dan berfoto-foto untuk pengunjung.

Masih ada beberapa yang belum sempurna dari Bundaran itu. Visi Majalengka adalah salah satu yang belum tercantum pada Bundaran tersebut. Bola nanti dikelilingi dengan huruf, Majalengka Raharja.