Wisata Jabar

Sumbangan Pemprov, 8 Daerah di Jawa Barat Kini Punya Bus Wisata

share to whatsapp



Bus wisata Kabupaten Bandung

Guna mendongkrak sektor wisata di Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat kembali membagikan 30 unit bus wisata. Sebelumnya, bus wisata telah diluncurkan pada 23 Desember 2018. Pada tahap pertama, 13 bus wisata hasil kerja sama dengan bank bjb dihibahkan untuk daerah:
1. Kab. Sumedang
2. Kab. Pangandaran
3. Kab. Garut
4. Kab. Kuningan
5. Kab. Cianjur
6. Kab. Purwakarta
7. Kota Tasikmalaya
8. Kota Cimahi
9. Kota Cirebon
10. Kab. Tasikmalaya
11. Kota Depok
12. Kab. Bekasi
13. Kota Sukabumi.

Pada Senin (30/12/2019) di halaman Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, sebanyak 10 unti bus wisata tambahan diserahkan Ridwan Kamil kepada 8 pemkab di Jawa Barat, diantaranya:
1. Kab. Bandung
2. Kab. Cirebon
3. Kab. Sukabumi
4. Kab. Karawang
5. Kab. Tasikmalaya
6. Kab. Bandung Barat
7. Pemkot Banjar
8. Kab. Cirebon.

Sementara dua unit bus akan digunakan oleh Pemprov Jabar. Kehadiran bus wisata juga diharapkan menjadi daya tarik di jalanan kabupaten/kota di Jabar dengan corak warna-warninya yang menghiasi bus jenis single decker ini.

Nama-nama bus wisata inii disesuaikan dengan kekhasan daerah masing-masing, seperti Ranginang (Rame-rame Ngiring Senang) di Kota Banjar, Ngumbara (Nguriling Bareng Masyarakat Bandung Barat), Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, hingga KATONS (KAton Tour ON bus) milik Kota Cirebon.

Melalui program ini, Pemprov Jabar menargetkan memberikan masing-masing minimal dua unit bus kepada 27 kabupaten/kota di Jabar. Adapun pengadaan 30 bus wisata Jabar di tahun anggaran 2019 ini berasal dari APBD Jabar dan Dinas Perhubungan Provinsi Jabar sebagai penanggung jawab.


share to whatsapp