Wisata Jabar

Pantai Karapyak, Destinasi Wisata Alternatif di Pangandaran



Salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi di Kab. Pangandaran adalah Pantai Karapyak yang terletak di Desa Bagolo, Kec. Kalipucang dan dekat dengan muara Sungai Citanduy. Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari Pantai Pangandaran atau sekitar 78 km dari Alun-alun Kota Ciamis. Jika ditempuh dari arah Ciamis, pantai ini berada sebelum Pantai Karang Nini.

Rute untuk menuju Pantai Karapyak tidaklah terlalu sulit, pengunjung dapat berbelok dari pertigaan Rest Area Emplak sejauh kurang lebih 9 km dengan jalan hot mix. Setelah melewati gerbang wisata, jalan menuju pantai lurus terus dengan kondisi jalan aspal mulus dan pemandangan yang indah.

Pantai Karapyak memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lain. Pantai Karapyak yang sepi, cocok bagi pengunjung yang lebih menyukai ketenangan. Pemandangannya yang cantik dan alami juga akan menjadi surga bagi penyuka fotografi.

Selain itu, di pantai ini terdapat hamparan pasir putih ditambah dengan tonjolan batu karang yang menghiasi pantai. Pasir pantainya yang putih tersebut rupanya berasal dari butiran-butiran kecil batu karang dan cangkang kerang yang halus.

Selain hamparan pasir putih dan batu karang, pantai ini pun mempunyai tebing-tebing curam nan indah, yang siap mengundang para petualang untuk menjelajahi setiap jengkal tebing karangnya. Di bawah tebing curam, deburan ombak siap mengolah adrenalin.

Keindahan Pantai Karapyak akan semakin terasa ketika menuju sore hari ombak laut mulai surut. Pengunjung dapat berjalan dengan laluasa lebih jauh ke tengah dari bibir pantai dengan kondisi air laut yang tengah surut tersebut, sambil menyaksikan langsung ikan hias berenang ke sana ke mari di sela-sela batu karang dihiasi dengan tanaman laut yang indah. Adapun harga tiket masuk ke Objek wisata Pantai Karapyak: pejalan kaki Rp. 4.500, sepeda motor Rp. 11.500, jeep/sedan Rp. 30.500. (Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu)