Wisata Jabar

Kampung Buricak Burinong, Wisata Selfie Kekinian di Kawasan Waduk Jatigede Sumedang

share to whatsapp



Kampung Buricak Burinong Sumedang

Bagi Anda dan keluarga yang mudik atau berkunjung ke Kota Tahu, Sumedang, jangan lupa mampir ke Kampung Calakan Buricak Burinong. Lokasinya di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, di kawasan Waduk Jatigede. "Buricak Burinong" sendiri dalam bahasa Sunda menggambarkan suasana yang eye catcing dengan tampilan yang penuh warna-warni dan memanjakan mata.

Inilah destinasi wisata selfie berbasis literasi warga yang ada di Sumedang. Kampung Buricak Burinong sendiri merupakan salah satu pengembangan Pemkab Sumedang di 4 desa Kawasan Jatigede. Lainya ada Desa Pakualam, Desa Karangpakuan, Desa Jemah dan Desa Cijeungjing.

Akses dan rute ke Kampung Buricak Burinong
Untuk menuju lokasi lebih mudah memakai kendaraan pribadi bisa melewati Jln. Raya Situraja. Jika dari arah Sumedang kota tinggal masuk jalan yang mengarah ke Cigintung, Kecamatan Cisitu.

Pembangunan Kampung Calakan Buricak Burinong adalah hasil kerjasama masyarakat Desa Pakualam dengan para relawan dari Paguyuban Motekar, Garuda Institute, Coretan Sumedang dan LPK Maharani. Keunikan di sini adalah bangunan rumah yang warna-warni dimana ada kurang lebih 160 KK di kawasan kampung wisata kreatif ini. Selain pengecatan rumah, adasentuhan seni mural pada beberapa sudut kampung untuk arena selfie.

Spot dan fasilitas Kampung Buricak Burinong
Berikut ini spot dan fasilitas yang ada di Kampung Buricak Burinong:

1. Spot Berfoto kampung Buricak Burinong.
Wisatawan bisa berfoto di depan rumah yang dicat warna-warni juga di dinding-dinding mural.

2. Pemandangan Jatigede
Di atas perbukitan, Anda bisa melihat pemandangan Waduk Jatigedej uga genteng-genteng rumah yang terlihat warna-warni dari atas menambah keren pemandangan Jatigede.

3. Wisata kuliner
Di sin banyak warung yang menyajikan makanan khas Sunda. Selain itu, ada juga makanan hasil olahan makanan khas kampung tersebut diantaranya adalah olahan ikan khas Sungai Cimanuk (sungai utama yang dibendung bendungan Jatigede)

4. Taman Baca Masyarakat (TBM)
Kampung Buricak Burinong ini merupakan desa yang dicanangkan menjadi desa literasi  maka dari itu di desa ini juga ada taman baca masyarakat.

5. Tempat Parkir Motor dan Mobil
Tempat lokasinya dekat tempat makan untuk parkir motor dan mobil.


share to whatsapp