Wisata Jabar

Danau Lemona, Destinasi Wisata Kuliner Instagramable di Salopa Tasik Selatan

share to whatsapp



Danau Lemona Salopa Tasikmalaya

Bagi warga Tasikmalaya, nama Lemona dikenal salah satu toko roti dan kue yang hits. Menu yang dijual beragam, diantaranya aneka kue dan roti, jajanan pasar, kue tart, snack boks, martabak dan lain-lain. Dan kini, nama ini dikenal juga dengan tempat wisata kuliner yang jadi primadona wisatawan di Kab. Tasikmalaya, tepatnya di kawasan Salopa.

Buat yang masih bingung dengan lokasi tempat wisata ini, lokasi persisnya berada di Tasikmalaya Selatan. Bila Anda mau mengunjungi tempat wisata Curung Dengdeng di kawasan Kec. Cikatomas (Tawang), Anda akan melewati tempat wisata Danau Lemona ini.

Rute ka Danau Lemona Salopa
Begitu pula bagi Anda yang pengen ke Pantai Batukaras, Pangandaran, lewat Tasik Selatan via jalur Garut - Cilawu - Salawu - Sukaraja - Salopa - Cikatomas - Tawang - Cimerak - Batukaras tentunya akan melewati tempat wisata ini. Memang sih untuk ukuran jaraknya terbilang lumayan dari pusat kota Tasikmalaya. Jaraknya kurang lebih 32 kilometer dari pusat kota atau sekitar satu jam perjalanan. Namun, bagi yang hobi menjajal tempat-tempat wisata yang lain daripada yang lain, bisa menyambangi tempat wisata Danau Lemona.

Saat tim wisatajabar.com ke tempat wisata ini pada bulan September 2019, tempat wisata Danau Lemona banyak dikunjungi wisatawan. Dari yang berombongan naik bus juga kendaraan pribadi. Di area parkir, tak sedikit kendaraan pribadi terlihat berplat nomor B, D, F. Itu artinya, tempat wisata Danau Lemona namanya sudah dikenal hingga luar Tasikmalaya. Ketika sebagian diwawancara, kebanyakan sekalian yang sedang wisata ke Curug Dengdeng, Pantai Batukaras, dan tempat wisata di Tasikmalaya Selatan (Pantai Karangtawulan, Kalap Genap, Cipatujah, Pantai Madasari, dll.).

Wisata kuliner yang instagramable
Walaupun hanya danau buatan, Danau Lemona ini juga tak kalah indah untuk dinikmati sebagai destinasi wisata air. Kalau sebagai pembanding, tak kalah menawan dengan wisata Floating Market yang ada di Lembang. Selain sebagai tempat wisata kuliner yang instagramable, di Danau Lemona pun ada penginapan.

Ciri khasnya, terdapat 30 saung di sekiataran danau yang disediakan khusus untuk para pengunjung. Uniknya, untuk menuju saung tersebut pengunjung harus menyusuri jembatan gantung yang terbuat dari bambu.  Membentang sepanjang kurang lebih 100 meter, jembatan unik ini akan mengantarkan para pengunjung menuju deretan saung dan tempat pemesanan makanan. Jika Anda tidak ingin menyeberangi jembatan tersebut, pengunjung dapat menggunakan perahu sebagai moda transportasi untuk menuju saung tempat Anda bersantap bersama keluarga.

Menu pilihan Danau Lemona Salopa
Dua menu yang jadi andalan di Danau Lemona Salopa adalah Ikan Gurame Asam Manis dan Ikan Bakar Bumbu Rempah. Pengunjung dijamin akan dibuat ketagihan oleh kelezatan rasanya. Semakin nikmati jika disantap bersama nasi panas, oseng kangkung, dan karedok. Untuk urusan harga, aneka sajian yang ditawarkan di sini sangat bersahabat untuk kantong. Makan bersama rombongan 5-8 orang,  Anda cukup mengeluarkan kocek antara Rp300.000 hingga Rp400.000.

Fasilitas wisata di Danau Lemona
Tempat wisata dengan ciri aksen warna oranye ini menyediakan fasilitas bus wisata yang akan membawa pengunjung anak-anak menyusuri kawasan pedesaan asri dan melihat perkebunan hijau di Salopa Tasikmalaya. Dengan tarif Rp5.000, buah hati dijamin bakal mendapat pengalaman menarik selama perjalanan. Di sini pun ada penyewaan perahu dayung dengan tarif Rp10.000 saja. Fasilitas lainnya: area parkir luas hingga tersedia mushola. Untuk urusan kebersihan dan kenyamanan, dijamin puas.

DANAU LEMONA SALOPA
Jln. Kawitan, Salopa, Tasikmalaya
Telepon: 0823-1555-0767
Instagram: @danaulemona.id


share to whatsapp