Wisata Jabar

Menikmati Sunset, Kuliner, dan Wisata Air di Grama Tirta Jatiluhur

share to whatsapp



Harga Tiket Terbaru Wisata Grama Tirta Jatiluhur

Waduk Jatiluhur yang berada di kawasan Kab. Purwakartayang dibangun pada 1957 dan diresmikan 26 Agustus 1967 menyajikan aneka wisata yang terbilang komplet. Perum Jasa Tirta II  di era kekinian mengubah branding menjadi Wisata Grama Tirta Jatiluhur. Kawasan ini menyajikan wisata serba air dari berperahu, selancar, kolam renang, hotel/penginapan, outbond, berkemah, hingga wisata kuliner.

Di Waduk Jatiluhur pun bisa jadi tempat yang pas buat nonkrong sambil menikmati keindahan alam, salah satunya menikmati sunset di senja hari. Tempat wisata ini pun bisa jadi pilihan wisata keluarga, terutama yang bawa anak-anak buat berenang di Jatiluhur Water World.  Bagi para pecinta kuliner pun bisa menikmati makanan ikan bakar di saung-saung yang ada di sekeliling danau.

Untuk lebih mengoptimalkan sebagai kawasan wisata pilihan di Jabar, wajah wisata Waduk Jatiluhur rencananya akan direvitalisasi. Gubernur Jabar Ridwan Kamil sendiri telah meninjau sejumlah titik di Waduk Jatiluhur pada Minggu (18/8/2019) lalu. Nantinya, di Waduk Jatilhuru akan ada masjid terapung di tengah waduk yang didesain langsung olehnya. Wisatawan pun mendapat opsi baru untuk beribadah di tengah waduk dengan lebih dulu menggunakan perahu.

Selain itu, di kawasan Pamundingan yang masih berada di area Waduk Jatiluhur, akan dibangun hotel dengan konsep terapung. Hotel tersebut akan berdiri di atas pelampung besar mengikuti kondisi permukaan air yang sudah dijamin keamanannya.

Hotelnya di air pakai pelampung dimana nantinya pada saat permukaan air naik di sekitar bulan Januari sampai Mei, bangunan hotel ikut naik dan pada saat air menyusut di musim kemarau, juga ikut turun.

Wisata Grama Tirta Jatiluhur biasa dijadikan tempat meeting dan event-event. Wisata Grama Tirta Jatiluhur pun sangat cocok untuk wisata keluarga. Kawasan wisata ini pun terbilang mudah diakses berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Purwakarta, enam kilometer dari pintu gerbang tol Jatiluhur, atau sekitar 40 menit dari Bandung.

Baca juga:
Harga Tiket Masuk, Wahana, dan Penginapan di Grama Tirta Jatiluhur

Lalu, bagi keluarga bisa juga membawa anak-anak berenang di  Jatiluhur Water World (JWW). Di area JWW banyak kolam renang dengan berbagai ukuran; dari standar olimpiade, kolam untuk berseluncur, hingga kolam yang dangkal. UMKM yang berjualan di sekitar Waduk Jatiluhur juga mulai ditata sehinggga lebih menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Seperti pasar turis di dunia diatur sedemikian rupa.

Namun, ada juga beberapa hal yang sebaiknya dibenahi. Diantaranya:
- Urusan perparkiran yang sebaiknya satu paket dengan tiket masuk di gerbang, sehingga wisatawan tak perlu bayar lagi ke tukang parkir dadakan yang ada di area parkir. Ini akan lebih nyaman ke pengunjung.
- Juga tukang sewa perahu yang kadang bikin kurang nyaman pengunjung. Walau penawaran tersebut tidak memaksa, namun bila terus menguntit wisatawan saat menikmati keindahan waduk kadang jadi mengganggu.
- Gardu pandang alangkah baiknya harga tiket masuknya satu paket dengan tiket masuk di gerbang. Ya, walaupun harganya Rp5000.
- Kurangnya papan penunjuk yang jelas ke lokasi Danau Jatiluhur dari jalan raya di Purwakarta hingga ke lokasi.

WISATA GRAMA TIRTA JATILUHUR
Alamat: Jl. Lurah Kawi No. 1, Jatiluhur, Kab. Purwakarta

Nomor kontak:
Telepon: 0264-201087 / 201089
Fax.: 0264-8222538

Mobile: 0813 9820 2333
E-mail: wisata.jatiluhur@jasatirta2.co.id

Media sosial:
Facebook: /wisata_jatiluhur
Instagram: @wisata_jatiluhur


share to whatsapp