Wisata Jabar

Leuwi Tonjong, Surga Wisata Alam Tersembunyi di Cihurip - Garut Selatan

share to whatsapp



Leuwi Tonjong Cihurip Garut Selatan

Bagi Anda yang hobi wisata di alam terbuka dengan pemandangan dan suasana luar biasa, nama Leuwi Tonjong di Garut bisa jadi pilihan destinasi Anda. Paduan keindahan sungai dan bebatuan mengingatkan kita pada Grand Canyon. Namun, untuk sampai ke tempat wisata ini siapkan fisik dan mental Anda. Namun, saat sampai di lokasi wisata alam ini dijamin kepuasan batin akan langsung dirasakan dan tak pernah dilupakan.

Destinasi wisata alam Leuwi Tonjong terletak di kawasan Garut selatan, tepatnya di Kecamatan Cihurip. Leuwi Tonjong merupakan sebuah destinasi wisata berupa danau dengan air jernih khas pegunungan. Yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini, adanya dua gunung yang mengapit danau. Tempat itu cocok untuk dijadikan destinasi wisata yang instagramable.

Sekadar informasi, Leuwi Tonjong sendiri pernah menyabet penghargaan kategori ‘Surga Tersembunyi’ terbaik kedua nasional oleh Kemenpar RI pada 2018 lalu dalam Anugerah Pesona Indonesia (API). Waktu itu, untuk juara satu diraih Pulau Kelelahan Madja, Kabupaten Sabu Raijua, NTT. Dan peringkat ketiga diraih Pulau Mahoro, Laburan Sitaro. Kalau sudah dapat penghargaan level nasional tersebut, dijamin deh gak bakalan kecewa datang ke tempat wisata recommended di Garut Selatan ini.

Keberadaan wisata alam yang baru ini masih menyimpan segudang pemandangan alam yang elok untuk dinikmati. Airnya yang jernih dalam kubangan kolam yang hampir menyerupai danau mini, serta himpitan dua bongkahan batu besar alam di atasnya, seolah hampir mirip ngarai besar alias grand canyon versi mini.

Panorama Leuwi Tonjong memang tengah menjadi buah bibir saat ini, terlebih setelah penghargaan API 2018 lalu. Memiliki air terjun dangkal setinggi tiga meter yang berada di tengah himpitan dua batu besar, view yang ditawarkan sangat cocok bagi anda penyuka pemadanganan alami yang masih asri.

Airnya yang jernih hingga terlihat sampai dasar sungai (kecuali jika deras air sungai naik akibat hujan) menjadikanya betah untuk berenang, sekalipun seharian di sana. Terlihat hamparan lumut yang menempel di bebatuan di sekitarnya masih tertempel dengan rapi, udanya yang sejuk seakan menegaskan keindahan surga yang tersembunyi itu, sebagai tujuan destinasi baru wisata anda.

Di Leuwi Tonjong selain bisa menikmati keindahan dari pinggir Danau, disini kita bisa naik rakit juga. Malah kalau arusnya sedang tidak kencang dan air nya tidak terlalu dalam, bisa berenang juga

Buat yang belum tahu rute ke Leuwi Tonjong, ini aksesnya:
1. Menggunakan kendaraan pribadi
Dari arah Garut Kota atau Terminal Guntur ke selatan - Bayongbong - Cisurupan - Cikajang - Pertigaan Cigugur - pilih arah kanan ke arah Pameungpeuk dari pertigaan Cigugur ada pos polisi (di kiri) - masuk ke Kecamatan Cihurip - pangkalan ojek (setelah Masjid Agung Cihurip/Kantor Desa)

Jalan masuk ke Leuwitonjong ada di kanan (plang BRI Garut) - 30 menitan ada lapangan sepakbola - turunan - lokasi parkiran - jalan kaki sekitar 15 menit ke Leuwi Tonjong.

2. Naik kendaraan umum
Dari Terminal Guntur naik elf jurusan Cihurip - turun di pangkalan ojek (setelah Masjid Agung Cihurip/Kantor Desa) - naik ojek ke pintu gerbang Leuwi Tonjong.

Biar lebih jelas lokasi Leuwi Tonjong, silakan cari aja di Google Maps.

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp