Wisata Jabar

Integrasi Pariwisata Priangan Timur, Siap Jadi Destinasi Unggulan di Jawa Barat

share to whatsapp



Launcing integrasi wisata Priangan Timur

Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama 6 kepala daerah di Priangan Timur dan Bank Indonesia perwakilan Tasikmalaya pada acara Launching Pariwisata Terintegrasi Priangan Timur (East Preanger One Stop Tourism) bertempat di Bale Priangan Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya, Selasa (13/08/2019).

Dilansir dari situs resmi Pemkab Tasikmalaya, pada kesempatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kab. Tasikmalaya Ir. H. Safari Agustin, MP yang mewakili Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP melakukan penandatanganan MoU tersebut bersama Walikota Tasikmalaya, Bupati Ciamis, Perwakilan Bupati/Walikota dari Kab. Garut, Kab. Pangandaran, dan Kota Banjar.

Priangan Timur dengan berbagai keanekaragaman dan keunikan alam dan budaya masih belum memanfaatkan sektor pariwisata secara optimal. Salah satu solusi menyelesaikan masalah tersebut adalah membuat pariwisata terintegrasi yang diharapkan dapat meningkatkan aspek ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Penyiapan  integrasi wisata Priangan Timur sendiri sudah dimulai dari 2017 lalu, dengan berbenah untuk meningkatkan potensi wisata dengan konsep sinergi antarwilayah. Sinergi itu berupa kerjasama wilayah Kab. Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.

"Untuk meningkatkan Priangan Timur, kami akan membangun  paket wisata dengan pembenahan dan peningkatan infrastruktur, distribusi, juga efisiensi. Sektor pariwisata pun diarahkan dapat lebih berperan dalam menjaga inflasi daerah. Sedangkan khusus Kabupaten Tasikmalaya, sasaran utama untuk pembenahan dan pengembangan sektor wisata ini adalah wisata alam Gunung Galunggung," kata Ir. Safari Agustin, MP, staf ahli Bupati Tasikmalaya Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan saat ditemui wisatajabar.com pada Jumat (14/1/2017) dulu di  Lingkar Industri Kecil (LIK), Jln. Perintis Kemerdekaan, Kawalu.

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp