Wisata Jabar

Tingkatkan Kunjungan Wisata, Jabar Luncurkan West Java Calendar of Event 2019

share to whatsapp



West Java Calendar Event 2019

Untuk mendukung peningkatan kunjungan wisata ke Jawa Barat, Pemprov Jabar meluncurkan West Java Calendar of Event 2019 atau Kalender Pariwisata Jabar 2019.  Ke-262 event pariwisata akan digelar di seluruh Jawa Barat. Peluncuran West Java Calendar of Event 2019 digelar di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung pada Selasa (25/6/19).

Dalam sambutannya, Gubernur Ridwan Kamil menargetkan kunjungan 49,8 juta wisatawan ke Jawa Barat sepanjang 2019. Target tersebut terdiri dari 48 juta wisatawan nusantara dan 1,8 juta wisatawan mancanegara.

Kalender  pariwisata yang baru pertama kali dibuat Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ini menyajikan 262 agenda pariwisata, baik seni, budaya, kuliner, religi, dan lainnya.

Berikut ini agenda event wisata di Jabar meliputi:

- 35 event di Wilayah I terdiri dari Kota/kabupaten Bogor, Kota/Kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Depok.

- 14 event di Wilayah II mencakup Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang, serta Kota/Kabupaten Bekasi.

- 66 event di Wilayah III digelar di(Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Kabupaten Majalengka).

- 147 event di Wilayah IV  terdiri dari (Kota/Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota/ Kabupaten Tasikmalaya, Sumedang, Garut, Ciamis, Pangandaran, dan Kabupaten Banjar.

Seni masih menjadi andalan dengan 113 event pariwisata, disusul budaya 85 event, kuliner 83 event, olahraga 24 event, religi 6 event, dan pariwisata lainnya 11 event.

Dari 262 agenda pariwisata tersebut, ada enam event yang masuk 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 2019, yaitu Asia Afrika Festival, Mizan Al Sufi, Pesona Budaya Garut, Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival, Tour de Linggarjati, dan Festival Budaya Cirebon.

West Java Calendar Event 2019 bertujuan memperkuat sektor wisata sebagai lokomotif ekonomi Jawa Barat. Emil berharap kunjungan wisatawan tersebut berdampak pada meningkatnya pendapatan daerah di sektor pariwisata mencapai lima poin.


share to whatsapp