Wisata Jabar

Inilah Agenda Event Wisata di Berbagai Daerah Indonesia 2019

share to whatsapp



Event Wisata Indonesia 2019

1. Pesta Kesenian Bali (PKB) 2019
Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 akan digelar dari tanggal 15 Juni hingga 13 Juli 2019 di Taman Budaya (arts centre) Bali, Denpasar. Pada tahun ini PKB mengusung tema "Bayu Pramana: Memuliakan Sumber Daya Angin" yang melibatkan sekitar 271 kelompok seni duta kabupaten/kota se-Bali, terdiri dari kesenian khas, dan kesenian baru dengan menampilkan sejumlah pemain bintang.

2. Belitong Geopark International Stand Up Paddle and Kayak Marathon (BGISKM) 2019 
Event internasional ini bertujuan untuk menggenjot potensi pariwisata Indonesia dan menjadi landasan untuk memperkenalkan olahraga air yang mulai banyak digemari oleh masyarakat. Rencananya event ini juga akan di menjadi agenda tahunan untuk mendorong wisata bahari Indonesia, sekaligus untuk mendukung penetapan Belitong sebagai Unesco Global Geopark (UGG) pada 2020. Belitong Geopark International Stand Up Paddle and Kayak Marathon (BGISKM) 2019 akan dilaksanakan di Tanjung Kalayang Belitung pada tanggal 2 - 4 Agustus 2019.

3. Rally Layar Internasional Sail to Natuna
Akan digelar pada 10-15 Juni 2019 menjadi ajang untuk mempromosikan Natuna dan sekitarnya sebagai kawasan wisata Geopark Nasional. Sebanyak 32 yachter (peserta) mancanegara yang ambil bagian dalam Sail to Natuna 2019 diajak untuk menikmati keindahan beberapa destinasi yang dikunjungi antara lain Batu Sindu, Pulau Senua, Masjid Agung Natuna, dan Alif Stone Park.

4. Festival Bakar Tongkang 2019
Event ini bakal digelar oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, pada tanggal 17-19 Juni 2019 di Bagansiapi-api. Replika kapal yang berukuran hingga 8,5 meter, lebar 1,7 meter dan berat mencapai 400 kg ini disimpan selama satu malam di Kuil Eng Hok King, diberkati, dan kemudian dibawa dalam prosesi melalui kota ke situs di mana akan dibakar. Tradisi ini juga dikenal sebagai Go Gek Cap Lak yang merupakan acara puncak dari festival ini.

5. Festival Budaya Lembah Baliem 2019
Festival ini merupakan festival yang setiap tahun dilaksanakan oleh pemerintah setempat. Festival Budaya Lembah Baliem yang dilaksanakan sejak tahun 1989 hingga kini masih terus dilakukan. 30 tahun usia pagelaran budaya ini tanpa disadari memberi banyak dampak positif bagi Papua. Festival tersebut kini menjadi Ikon Pariwisata Papua di mata dunia.

Festival Budaya Lembah Baliem tanggal 7-10 Augustus 2019 bertempat di Distrik Welesi, Kab. Jayawijaya, Papua.

6. Festival Sriwijaya XXVIII
Akan digelar pada tanggal 16-22 Juni 2019 bertempat di Benteng Kuto Besak Palembang. Festival Sriwijaya merupakan event pergelaran kebudayaan tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang pada tahun 2019 ini memasuki pelaksanaannya yang ke-28.

Dalam event tersebut dipergelarkan kebudayaan dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan, seperti tarian, drama musikal, lagu daerah, juga kuliner khas masing-masing daerah.

7. Festival Teluk Jailolo 2019
Event ini masuk sebagai salah satu dari 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata RI yang akan digelar pada 24 - 29 Juni 2019. Festival Teluk Jailolo mampu eksis dan menjadi satu-satunya festival yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal Eksistensi suku asli mulai bangkit, pelestarian alam, kuliner khas & nilai-nilai budaya yang dikemas secara profesional dan interested untuk kunjungan wisata.


share to whatsapp