Wisata Jabar

Inilah 10 Destinasi Wisata Favorit di Sukabumi Buat Liburan

share to whatsapp



Wisata Favorit Sukabumi terbaru

Berikut ini 10 Top Destinsi Wisata Sukabumi:

1. Desa Adat Kasepuhan Ciptagelar
Kampung Ciptagelar berada di wilayah Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Wilayahnya meliputi Kabupaten Lebak, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sukabumi.

Berdiri sejak tahun 1368, kampung adat ini masih memegang kuat adat dan ajaran leluhur seperti ciri khas lokasi, bentuk rumah, serta tradisi yang masih dijalankan oleh penduduknya.

2. Situs Tugu Gede Cengkuk
Situs Tugu Gede terletak di Kampung Cengkuk, Kelurahan Margalaksana, Kecamatan Cikakak. Lokasi situs Tugu Gede terletak di lembah. Tempat ini dikelilingi oleh Gunung Halimun. Monumen batu yang ada di situs ini berupa batu jambangan, dolmen, batu altar, tahta batu, batu umpak, dan menhir.

3. Goa Buni Ayu
Buniayu diambil dari bahasa Sunda, yaitu "Buni" dan "Ayu" yang memiliki arti "kecantikan yang tersembunyi". Dikenal juga sebagai Goa Cipicung karena lokasi goa ini berada di wilayah Cipicung. Beberapa penjelajah goa dan masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Goa Siluman.

Semenjak berada di bawah Pengelolaan Perum Perhutani nama goa tersebut berubah menjadi Wana Wisata Goa Buniayu. Ada dua jenis perjalanan yang dapat Anda nikmati disini, yaitu penelusuran minat umum dan penelusuran minat khusus.

4. Kawah Ratu
Lokasinya berada di Gunung Salak. Kawah ratu ini terbentuk dari erupsi dahsyat yang pernah dialami oleh Gunung salak. Erupsi ini mampu membuat kawah ratu yang tampak indah. Pesonanya mampu membuat mata enggan untuk berkedip sedikit pun.

5. Curug Awang Geopark Ciletuh
Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar sekitar 60 meter berdinding batu alam (geopark) berwarna coklat kemerahan, siap menyambut kita saat menjelajahi Ciletuh Geopark. Lokasinya berada di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Uniknya, cara terbaik untuk menikmati keindahan curug ini adalah dari kejauhan. Terutama pada musim hujan, saat air terjun mengalirkan air dengan deras. Saat itulah Curug Awang mendapatkan julukannya, Niagara Mini,

6. Curug Cikaso
Air terjun ini merupakan hutan belantara. Hutan ini dibuka oleh para pemuda pada tahun 2007. Curug ini berada di Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Curug yang masih ‘perawan’ dan menyimpan cerita mistis ini tepatnya berada di RT 08 RW 01, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kab Sukabumi.

7. Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Taman Nasional Gunung Halimun–Salak (TNGHS) adalah salah satu taman nasional. Lebih dari 700 jenis tumbuhan berbunga hidup di hutan alam di dalam TNGHS, dan keberadaan beberapa jenis fauna penting yang dilindungi di sini seperti elang jawa, macan tutul jawa, owa jawa, surili, dan lain-lain. Kawasan TNGHS dan sekitarnya juga merupakan tempat tinggal beberapa kelompok masyarakat adat.

8. Situ Gunung
Situ Gunung merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi. Selain keindahan alam dan adventure, spot yang menarik wisatawan di sini adanya jembatan gantung terpanjang se-Asia dengan panjang 243 meter, lebar 2,1 meter dan berada 150 meter di atas permukaan tanah ini menjadi primadona wisata di Kabupaten Sukabumi, yang mampu menarik pengunjung hingga tiga ribu wisatawan per hari pada musim liburan.

9. Pantai Ujunggenteng
Tak hanya menyuguhkan pantainya yang terhampar luas nan indah, tapi juga ada beberapa spot baru yang cocok untuk berswafoto dan bikin wisatawan betah berlama-lama di sana. Salah satunya, ikon berupa plang nama besar bertuliskan 'Ujung Genteng' dengan penuh warna.

10. Pemandian Air Panas Cikundul
Tempat ini sangat pas buat libuar,  Di area ini ada dua buah kolam dengan pesona yang berbeda. Kolam air dingin di bagian atas berlatar belakang pegunungan, sementara untuk kolam air panas berlatar belakang Sungai Cimandiri.

Tiket masuknya ditarif Rp 6.000 untuk anak kecil, dan Rp 8.000 dewasa. Kemudian fasilitas kamar rendam Rp 30.000 per jam dengan kapasitas maksimal tiga orang. Adapula cottage yang harga sewanya Rp 110.000 per 12 jam, serta Rp 125.000 per 12 jam untuk akhir pekan.

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp