Riyadh Travel Fair 2019 Gaet Potensi Wisatawan Saudi Arabia




Kementerian Pariwisata RI akan mengikuti gelaran Riyadh Travel Fair yang diselenggarakan di Al Faisaliah Hotel, Riyadh, Saudi Arabia yang diadakan dari 28 s.d. 30 Maret 2019. Dalam ajang ini, brand pariwisata Indonesia “Wonderful Indonesia” terus dipromosikan dalam bingkai keindahan destinasi-destinasi di Indonesia. Indonesia sendiri menampilkan tiga komponen dalam Riyadh Travel Fair, yaitu cita rasa kopi khas nusantara, seni lukis hena, dan kesenian rampak gendang yang diharapkan dapat memukau para pengunjung.

Pameran itu merupakan salah satu pameran pariwisata terbesar di Saudi Arabia dengan pengunjung diperkirakan mencapai 28.000 orang. Ajang itu diikuti sekitar 300 exhibitor dan 50 negara tersebut dan akan digelar selama 3 hari mulai 28 s.d. 30 Maret 2019.

Kegiatan ini akan menjadi sebuah langkah untuk menggarap peluang pasar pariwisata yang sangat besar, khususnya untuk wilayah Saudi Arabia sebab pertumbuhan pengunjung pada ajang Riyadh Travel Fair terus meningkat dari tahun ke tahun. Seperti diketahui, pada 2017, peserta pameran mencapai lebih dari 250 dengan pengunjung yang berjumlah lebih dari 30 ribu orang.

Angka tersebut,  meningkat dari Riyadh Travel Fair 2016 sebelumnya yang menampilkan 246 peserta pameran dengan kehadiran pengunjung mencapai 25.724 orang. Selain itu, peningkatan angkanya juga melonjak signifikan sebesar 30 persen dibandingkan Riyadh Travel Fair 2015.

Secara umum, wisatawan Saudi Arabia berada pada tingkat kesejahteraan ekonomi yang sangat bagus. Mengacu data Saudi Arabian Monetary Agency, kemampuan pengeluaran belanja mereka berada pada angka SAR68 miliar.

Statistics of the Tourist Information and Research Center menginformasikan, pengeluaran wisatawan Saudi Arabia tahun lalu mencapai SAR29 miliar. Jumlah itu berasal dari liburan 4 juta wisatawan Saudi Arabia. Sejauh ini destinasi utama favorit turis dari Arab Saudi adalah Bali dan Jakarta. Lalu, destinasi alternatif lainnya adalah Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Sumatera Utar.

Bukan hanya itu, berbagai konten menarik juga akan tersedia di booth demi menarik pengunjung di event tersebut, mulai dari informasi area, testimoni minuman khas Indonesia hingga demo corner dengan layar besar LED. Pada acara tersebut, Indonesia akan menempati lahan untuk membuka booth sebesar 72 m2.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS